Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Satpol PP Harus Tulus Melayani Masyarakat

Edisi: 07 - 13 Maret 2011
No. 259 Tahun V, Hal: 4

OELAMASI, SPIRIT
--Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi mengharapkan, dengan bertambah usia, kinerja Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) semakin arif, peduli, tulus dalam pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, Satpol PP harus membangun kemitraan.

Mendagri mengatakan hal ini dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Bupati Kupang, Drs. Ayub Titu Eki pada upacara HUT ke-61 Satpol PP, di halaman Kantor Bupati Kupang, Oelamasi, Senin (28/2/2011).

HUT Satpol PP semestinya jatuh pada Kamis (3/3/2011), namun dilaksanakan lebih awal. Upacara dihadiri Muspida Kabupaten Kupang, Satpol PP Propinsi NTT, Satpol PP Kota Kupang dan tokoh masyarakat. Adapun tema, "Membangun Kemitraan Sat Pol PP dengan Masyarakat Dalam Mewujudkan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Serta Perlindungan Masyarakat."

Mendagri mengatakan, Satpol PP dalam membangun kemitraan perlu didukung iklim birokrasi yang mengedepankan aspek kebersamaan, konsisten dan sejalan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Menurutnya, perlu ada kerjasama pemerintah pusat dan daerah dalam rangka membangun Satpol PP yang profesionalisme melalui implementasi Peraturan Pemerintah No 6 Tahun 2010, dan tindaklanjutnya.

Mendagri mengatakan, HUT Satpol PP dapat dijadikan momentum bagi kepala daerah mengoptimalkan eksistensi Satpol PP dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta suksesnya otonomi. Selain itu, Mendagri juga menekankan agar dalam melaksanakan tugas pokoknya Satpol PP lebih mengedepankan 'penataan' dan bukan 'penertiban' demi terselenggaranya ketertiban dan ketentraman masyarakat. "Tetap menampilkan wajah tegas namun tetap humanis" ujar Mendagri.

Mendagri menambahkan, tugas dan tantangan Satpol PP semakin berat karena menghadapi varian gangguan horisontal maupun vertikal yang dapat menjurus pada tindakan terorisme dan mengancam keselamatan negara, harus ditangani secara koordinatik, komprehensif dan professional.

Ia mengajak seluruh jajaran Satpol PP untuk selalu meningkatkan profesionalisme dan disiplin dalam pelaksanaan tugas, menghindari tindakan kekerasan dalam setiap pelaksanaan tugas, tetap menjalani kerjasama dan hubungan yang harmonis dengan instansi terkait maupun masyarakat. Selain itu, memberi pelayanan yang baik kepada masyarakat serta memegang teguh komitmen terhadap organisasi untuk membuktikan bahwa Satpol PP mampu menjalankan perannya sebagai penegak Perda, penyelenggara ketertiban umum dan ketentraman masyarakat. (den)


Tidak ada komentar: