Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Delegasi UNICEF Tinjau Kelurahan Ramah Anak


Edisi: 07 - 13 Maret 2011
No. 259 Tahun V, Hal: 11

BAKUNASE, SPIRIT
--Delegasi dari The United Nations Children's Fund (UNICEF), sebanyak delapan orang, Kamis (3/3/2011) berkunjung ke Kelurahan Bakunase, Kecamatan Kota Raja. Dipilihnya Bakunase karena merupakan salah satu kelurahan ramah anak.

Didampingi Kepala Bagian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Setda Kota Kupang, dr. Joyce Kansil, delapan warga negara Jepang serta seorang penerjemah, diterima Lurah Bakunase, Bustaman dan Ketua LPM, Mun Adoe, di Puskesmas Bakunase yang juga menjadi sekretariat bersama.

Joyce Kansil menjelaskan, WNA asal Jepang merupakan salah satu pendonor di UNICEF. "Mereka sengaja datang ke Kupang dengan tujuan untuk melihat bagaimana cara masyarakat menangani kasus kekerasan berbasis masyarakat yang terutama dialami oleh perempuan dan anak," jelasnya.

Menurutnya, UNICEF pernah memberikan bantuan dana untuk pelatihan dan studi banding bagi warga di Bakunase dan Sikumana. Sehingga, kedatangan kali ini juga ingin melihat perkembangannya.

Lurah Bakunase, Bustaman menjelaskan, sekretariat bersama merupakan tempat pengaduan bagi masyarakat Bakunase, terutama bagi yang mengalami kekerasan rumah tangga. Di dalamnya, terdapat informasi berupa alur rujukan kasus dan ada pula nomor kontak petugas yang merupakan warga Bakunase sendiri di tingkat RT/RW. Petugas dapat dihubungi selama 24 jam.

"Korban kekerasan datang ke sekber. Setelah itu, kami pelajari kasusnya dan baik korban maupun pelaku kami data. Jika korban mengalami kekerasan fisik, maka kami rujuk ke Rumah Sakit terdekat. Jika pelecehan seksual, maka kami laporkan ke Polisi. Sedangkan jika korban terganggu secara psikis, maka kami rujuk ke P2TP2A untuk anak-anak, dan Rumah Perempuan untuk dewasa," urai Bustaman.

Ditambahkannya, sekber yang berada dalam kompleks Puskesmas ini memiliki ruang rawat inap. Dilengkapi 59 tenaga medis dan 13 orang masyarakat yang sukarela menjadi petugas di Sekber.

"Sekber baru dibentuk dua bulan lalu, dan hingga kini telah mengatasi 3 kasus. Satu kasus merupakan penelantaran oleh suami dan dua lainnya ialah kasus kekerasan rumah tangga," katanya.

Setelah acara penerimaan, rombongan delegasi UNICEF itu dibagi tiga kelompok. Setiap kelompok mengunjungi tiga rumah warga yang telah ditunjuk panitia. Mereka bertanya mengenai kondisi masyarakat Bakunase. Selanjutnya, mengunjungi sekretariat Forum Anak Kelurahan Bakuanse. Mereka diterima Ketua Forum Anak Kota Kupang, Ruth Fanggidae serta beberapa anak sekolah dasar.

Ketua LPM, Mun Adoe mengatakan, ia merasa senang karena ada kunjungan seperti ini. "Kami berharap, semoga mereka mau memberikan bantuan kepada kami. Sehingga kami dapat terus mengembangkan sekretariat bersama yang selama ini berjalan belum maksimal," ujar Adoe. Sebelum berkunjung ke Kelurahan Bakunase, delegasi UNICEF diterima Walikota Kupang, Drs. Daniel Adoe di kantor Walikota. (ii)


Tidak ada komentar: