Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Penuhilah Tugas Kristus dengan Cinta Kasih


Edisi: 01 - 07 November 2010
No. 241 Tahun V, Hal: 9


PALUE, SPIRIT--Hendaknya engkau ingat bahwa engkau diambil di antara manusia dan tetap bagi manusia, untuk menghubungkan mereka dengan Allah. Oleh karena itu, penuhilah tugas Kristus Imam Agung dengan gembira dan cinta kasih yang sejati. Jangan menjadi apa-apa untuk kepentingan diri sendiri melainkan carilah yang berekenan kepada Tuhan.

Demikian Uskup Maumere, Mgr. Gerulfus Kherubim Pareira, SVD, di hadapan imam baru dalam amanatnya ketika menahbiskan Jubilaris Diakon Eduardus Beny Rando, SVD, di lapangan bola kaki Cawalo, Paroki Keluarga Roh Kudus Lei, Desa Rokirole, Kecamatan Palue, Selasa (19/10/2010).

Lebih lanjut Kherubim Pareira menegaskan, dalam menjalankan tugas Kristus kepala gereja dan gembala hendaklah engkau dalam persatuan Yesus Kristus dan dibawah pimpinan-Nya berusaha mengumpulkan umat menjadi satu keluarga. Teladanilah melalui gembala yang baik yang tidak datang untuk dilayani melainkan untuk melayani, yang dapat menyelamatkan manusia.

Usai tahbisan imam baru, dilakukan penandatanganan dokumen Maklumat Tahbisan oleh Uskup Maumere, Mgr. Gerulfus Kherubim Pareira, SVD, disusul pemberian Yurisdiksi kepada imam baru yang dibacakan oleh Sekretaris Keuskupan Maumere, Romo Rikard Muga Buku, Pr, dan pengumuman tugas/penempatan imam baru oleh Wakil Profinsial SVD Ende, Pater Alfons Mana, SVD. Pater Eduard Beny Rando, SVD akan menambah barisan missionaris Serikat Sabda Allah (SVD) melalui penempatnya di Mozambique, Afrika.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Profinsial SVD Ende, Pater Alfons Mana, SVD, dalam sambutannya mengatakan, dengan menjadi seorang imam engkau menjadi seorang yang sangat dipandang oleh siapa pun. Oleh karena itu, peliharalah rahmat yang istimewa ini sampai Tuhan memanggilmu kembali. Kepada umat Palue, Pastor Alfons meminta agar senantiasa mendukung SVD dengan mengirimkan putra Palue untuk menjadi imam Serikat Sabda Allah.

Wakil Bupati Sikka, dr. Wera Damianus, M.M, atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sikka menyampaikan proficiat kepada P. Eduardus Beny Rando, SVD, yang ditahbiskan menjadi imam dan keluarga besar jubilaris. Kepada jubilaris, Wakil Bupati Wera Damianus juga meminta agar tugas sebagai imam dijalankan sesuai amanat perutusan, imam baru harus mampu menjalin kerja sama dengan berbagai pihak demi kepentingan seluruh umat.

Hadir pada acara tabisan imam baru itu, yakni Wakil Bupati Sikka, dr. Wera Damianus M.M; anggota DPRD Sikka daerah pemilihan wilayah Palue, Fransiskus Sinde dan Petrus Ware; Camat Palue, Yeremias Ngajo SP; orangtua keluarga besar imam baru, pengurus dan anggota DPP Paroki Uwa dan Paroki Lei, panitia tahbisan imam baru, biarawan/biarawati, umat paroki Lei, Uwa dan undangan lainnya.

Jubilaris Disambut Meriah

TEPAT pukul 17.35 wita, tiga perahu motor milik Coremap Sikka, Dinas Kelautan dan Perikanan ( DKP) Sikka, dan Basarnas yang membawa Jubilaris Diakon Eduardus Beny Rando, SVD; Uskup Maumere Mgr. Gerulfus Kherubin Parera, SVD; Wakil Bupati Sikka, dr.Wera Damianus, M.M; pejabat yang mewakili STFK Ledalero, Pater Ansel Dore Dhae, SVD; Sekretaris Keuskupan Maumere, Romo Rikard Muga Buku, Pr; Wakil Profinsial SVD Ende, Pater Alfons Mana, SVD, dan rombongan tiba di Pelabuhan Oti Oa Ramba Lengge Palue, Kecamatan Palue, Minggu (17/9/2010).

Meski sempat diguyur hujan lebat, namun tidak menyurutkan semangat warga Palue, baik barisan konvoi laut yang menumpang 16 kapal motor maupun warga yang menunggu di pesisir Pantai Uwa.

Saat tiba di Pelabuhan Oti Oa Ramba Lengge, sang Jubilaris dan rombongan diterima dengan sapaan adat oleh Bapak Sakarias Mboi, dilanjutkan dengan pengalungan selendang dan dimeriahkan dengan tarian musik suling. Usai acara pengalungan dan sapaan adat, sang Jubilaris dan rombongan diarak menuju Pastoran Paroki Uwa untuk beristrahat.

Hadir saat penjemputan, Camat Palaue, Yeremias Ngajo, SP; Pastor Pembantu Paroki Keluarga Rohkudus Lei, Romo Emilianus Reginius Dedyson, Pr; Pastor Pembantu Paroki Ave Maria Bintang Laut Uwa, Romo Robertus Yan Faroka, Pr; panitia penjemput serta serta umat Paroki Lei dan umat Paroki Uwa. (el/lorenzo/humas sikka)

Tidak ada komentar: