Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Pemkab Kupang Dapat Bantuan Mobil Arsip

Edisi: 01 - 07 November 2010
No. 241 Tahun V, HaL ; 4


KUPANG, SPIRIT--Bupati Kupang, Drs. Ayub Titu Eki, yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kupang, Drs. Hendrik Paut, menerima bantuan satu unit mobil arsip. Bantuan diserahkan oleh Plt Sekretaris Utama Arsip Nasional RI, Dra. Gina Masudah Husni, M.Hum.

Pada sambutannya Sekda Hendrik Paut mengatakan rasa terima kasih dan penghargaannya kepada Badan Arsip Nasional RI yang telah memberikan perhatian khusus kepada Pemda Kabupaten Kupang.

Hendrik Paut menambahkan dengan pemberian mobil ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan Pemkab Kupang kepada masyarakat, khususnya di bidang kearsipan akan menjadi semakin maju dan berkembang. "Pemberian ini sangat berharga bagi pengembangan sumber daya manusia yang ada di Kabupaten Kupang," tukas Hendrik Paut dengan nada gembira.

Selain itu Hendrik Paut menyatakan kebanggaannya karena dari 489 Kabupaten se- Indonesia ternyata Kabupaten Kupang terpilih sebagai satu-satunya kabupaten di Indonesia Timur yang terpilih untuk mendapat bantuan tersebut. "Dan tentunya ini merupakan prestasi membanggakan yang sudah dicapai dengan kerja keras," katannya.

Hendrik Paut menguraikan, Kantor Arsip Daerah Kabupaten Kupang memiliki pengelola arsip sebanyak 39 orang. Ditambah pengelola fungsional kearsipan yang berada pada setiap SKPD, 25 arsiparis dengan klasifikasi 15 orang tingkat ahli dan 10 orang tingkat terampil dan untuk tingkat desa/kelurahan sebanyak 201 orang. "Selain itu dilakukan juga bimbingan teknis yang dilakukan bukan saja dari tingkat Kabupaten Kupang tetapi sampai kepada tingkat desa," katanya.

Hendrik Paut menambahkan Kabupaten Kupang telah memiliki desa arsip dengan jumlah arsiptinatif yang tertata sekitar 134.528 berkas. Jumlah total arsiptinatif yang tertata 392.384 berkas.

"Dan, dalam rangka perpindahan telah dilakukan pemilahan dan penertiban terhadap arsip yang ada di masing-masing SKPD. Diharapkan dengan iklim yang baru di ibukota Kabupaten yang baru, pendataan arsip dan asset tidak tercecer mengingat semua pekerjaan memerlukan data-data yang tersusun baik," katanya berharap.

Sedangkan untuk Kantor Badan Arsip Kabupaten Kupang, Hendrik Paut mengharapkan untuk dapat lebih baik lagi agar bisa menjadi unggul bukan hanya di Kabupaten Kupang tetapi sampai ke Indonesia bagian Timur seperti visi yang telah dicanangkan Pemerintah Kabupaten Kupang.

Sementara itu, Plt. Sekretaris Utama Badan Arsip Nasional RI, Dra. Gina Masudah Husni, M.Hum, dalam sambutannya menyatakan tahun ini Badan Arsip Nasional RI memberikan dua unit mobil yang dialokasikan satu untuk Indonesia bagian Timur dan satu unit lagi untuk Indonesia bagian barat.

Dan, pemilihan Kabupaten Kupang dalam pemberian bantuan mobil layanan masyarakat sadar arsip ini bukan asal pilih melainkan didata dan diseleksi melalui pembinaan yang telah dilakukan Badan Arsip Nasional selama ini.

Diharapkan mobil ini dapat membantu kinerja Pemda Kabupaten Kupang khususnya Badan Arsip Daerah guna sosialisasi kearsipan dan dapat bersentuhan langsung dengan masyarakat. Di akhir acara serah terima tersebut Gina Masudah berpesan agar mobil layanan masyarakat sadar arsip dapat difungsikan dengan baik, tidak dialihfungsikan untuk kegiatan lain melainkan dioptimalkan agar masyarakat khususnya di kawasan Kabupaten Kupang dapat terlayani dengan baik.

Turut hadir pada kesempatan itu Asisten II Kabupaten Kupang, Drs. Korinus Masneno; Kaban Arsip Kabupaten Kupang, Dra. Ch. M. Ndoen, M.Si; serta Kepala SKPD lingkup Sekretariat Kabupaten Kupang. (humas pemkab kupang)


Tidak ada komentar: