Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Kredit Tanpa Agunan Melalui UPL Mikro


Edisi: 01 - 07 November 2010
No. 241 Tahun V, Hal: 5


SEBAGAI upaya meningkatkan pendapatan daerah sekaligus memperbaiki pelayanan kepada masyarakat, maka diperlukan sinkronisasi kegiatan usaha perbankan dengan program pemerintah daerah yang tentunya memprioritaskan pelayanan kepada masyarakat dengan membantu kegiatan ekonomi, sosial dan lingkungan.

Hal tersebut merupakan latar belakang yang menjadi pertimbangan secara keseluruhan terhadap kegiatan Corporate Social Responsibillity (CSR) yang diselenggarakan oleh PT Bank NTT. Faktor penting yang menjadi pertimbangan lain ialah pemberdayaan ekonomi masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan dana segar untuk memperbaiki kondisi ekonomi keluarga dan masyarakat.

Corporate Social Responsibility atau CSR memiliki arti yang disesuaikan dengan ciri yang ada di setiap perusahaan atau lembaga maupun institusi sesuai dengan penerapan yang memberikan arahan serta orientasi tujuan sesuai visi dan misi lembaga atau Institusi tersebut.

Namun secara umum pengertian dari CSR itu sendiri ialah sebuah pendekatan dimana perusahaan mengintegrasikan kepedulian sosial di dalam operasi bisnis mereka dan dalam interaksi dengan stakeholder berdasarkan prinsip kemitraan dan kesukarelaan (Nuryana; 2005).

Pada dasarnya CSR perlu mengedepankan kesetaraan antara kepentingan bisnis dan kepentingan masyarakat yang diselenggarakan tanpa ada hambatan oleh karena terbentur pada regulasi, namun sebagai badan hukum non manufaktur hal tersebut bukan merupakan hambatan melainkan sebagai jaminan dasar hukum sehingga tidak menyimpang dari tujuan bersama seluruh komponen masyarakat, pemerintah dan perbankan.

Salah satu program manajemen baru PT Bank NTT untuk menyelenggarakan program pengentasan kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran khususnya di daerah Nusa Tenggara Timur, maka hal utama yang terus dikembangkan ialah inovasi dan aplikasi terhadap program tersebut. Salah satu bentuk nyata yang telah direalisasi ialah dengan pemberian kredit tanpa agunan melalui UPL Mikro (under construction). (www.bpdntt.co.id)

Tidak ada komentar: