Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Walikota Ikut 'Focus Group Discussion'



Edisi: 11 - 17 Oktober 2010
No. 238 Tahun V, Hal: 2


KUPANG, SPIRIT--Walikota Kupang, Drs. Daniel Adoe, mengikuti kegiatan Focus Group Discussion di Aula Sasando Lantai 3 Kantor Walikota Kupang, Kamis (30/9/2010).

Kegiatan ini dihadiri delapan anggota Dewan Perwakilan Daerah RI, yaitu Erma Suryani Ranik, S.H, Dr. Ahmad Farhan Hamid, Dra. Hj. Ella Giri Komala, Drs Abdul Sudarsono, Matheus Stefi Pasimanjeku, S.H, Hasbi Ansyori, SE, M.Si, Elnino M Husein Mohi, ST dan Sarah Larry Mboeik.

Hadir juga utusan Komisi Penanggulangan Korupsi dan Ombudsman Perwakilan NTT-NTB, Dr. John Tubahelan, serta wakil dari KPK, Harismoyo Retnoadi dan Nanang Farid Syam.

Dari pihak Pemkot Kupang, selain Walikota Kupang, Drs. Daniel Adoe, juga hadir sekretaris daerah, para Muspida Kota Kupang, para camat dan lurah se-Kota Kupang serta Kepala SD, SMP dan SMA se-Kota Kupang.

Acara yang digelar tepat pukul 10.00 wita ini dalam bentuk forum diskusi yang bertemakan Akuntabilitas Publik. Bertindak sebagai moderator adalah Dr. Michael Tomas Susu. Menurutnya, tujuan diskusi dimaksud untuk mendapatkan rekomendasi produk layanan publik yang relevan dengan akuntabilitas publik di Kota Kupang.

Tampil sebagai pembicara pertama adalah Dr. John Tubahelan, mengupas materi, "Meningkatkan Pelayanan Publik dengan Pencegahan Korupsi." Pembicara kedua, Erma S Ranik, dengan materi, "Peran Strategis PAP DPD RI dalam rangka Meningkatkan Akuntabilitas Publik di Propinsi NTT." Pembicara ketiga dari KPK, Retnoadi, dengan materi, "Pencegahan Tindak Pidana Korupsi dalam Layanan Publik."

Dari hasil diskusi ditetapkan beberapa kesimpulan. Pertama, ada hubungan yang linear antara korupsi dan kemiskinan. Kedua, pemerintahan yang baik berimbas pada pemenuhan kesejahteraan masyarakat. Ketiga, pencegahan korupsi dan peningkatan akuntabilitas publik adalah tanggung jawab semua pihak. Keempat, inisiatif yang perlu diapresiasi. Kelima, agar sering menggelar forum diskusi seperti ini untuk saling mengingatkan semua pihak untuk tidak melakukan korupsi. (kotakupang.com)


Tidak ada komentar: