Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Pemkab Sumteng Dorong Swasta Bangun Hotel


Edisi: 25 - 31 Oktober 2010
No. 240 Tahun V, Hal: 12


WAIBAKUL, SPIRIT--Kabupaten Sumba Tengah (Sumteng) sampai saat ini belum mempunyai hotel dan restoran. Menyikapi kondisi yang cukup mempengaruhi geliat sektor pariwisata di daerah itu, pemerintah setempat mendorong peran swasta untuk membangun hotel.

Pantauan SPIRIT NTT, Jumat (15/10/2010) di sepanjang wilayah Kabupaten baru itu tidak ditemukan satu bangunan hotel. Yang ada hanyalah sejumlah wisma darurat yang diusahan warga setempat di ibukota Kabupaten Sumteng, maupun d isejumlah kota kecamatan yang padat penduduknya.

Menanggapi kondisi itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Sumteng, Umbu Puda, kepada SPIRIT NTT, Jumat (15/10/2010), menjelaskan, semenjak daerah itu mekar pada 2007 lalu, hingga kini belum memiliki hotel dan restoran.

"Ini salah satu kendala kami di sini yang sampai sekarang belum punya hotel maupun restoran. Banyak kegiatan pemerintahan yang butuh hotel dan restoran terpaksa kami gelar di Sumba Barat," kata Umbu Puda.

Dijelaskannya, untuk mengatasi masalah itu, pada tahun 2009 lalu pemerintah setempat sudah membangun sebuah wisma dan sampai saat ini dalam tahap penyelesaian yaitu pengadaan meubeler. "Untuk tahap awal, pemerintah sendiri bangun wisma dengan APBD 2009/2010. Kita masih benahi dan diperkirakan sudah bisa dimanfaatkan pada akhir tahun 2010 ini," katanya.

Umbu Puda juga mengatakan, pemerintah Sumteng sementara mendorong pihak swasta untuk berinvestasi dalam bidang pariwisata, terutama pembangunan hotel dan restoran.
Disinggung model wisma yang dibangun, ia mengakui, wisma pemerintah itu dibangun dengan model satu lantai dan jumlah kamar 20 yang terdiri dari kamar VIP sebanyak lima kamar dan sisanya kamar standar.

Asisten I Setda Sumteng, Chris Umbu Riada, menambahkan, pemerintah setempat saat ini sedang mendorong pihak swasta untuk membangun hotel dan restoran di wilayah itu. "Tahap awal pemerintah yang bangun, tapi masih dalam bentuk wisma sedangkan ke depan pemerintah terus dorong pihak swasta. Pihak swasta harus lebih berperan dalam membangun bidang perhotelan dan restoran guna mendukung pariwisata di Sumteng," kata Umbu Riada. (yel)


Tidak ada komentar: