Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Sebagian Puskesmas Belum Dialiri Listrik


KUPANG, SPIRIT--Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, dr. Ary Wijaya, mengakui, sebagian Puskesmas dan Puskesmas Pembantu di wilayah ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur ini, belum dilengkapi fasilitas air bersih dan jaringan listrik.

"Memang listrik dan air merupakan kebutuhan vital dalam mendukung efektivitas pelaksanaan tugas pelayanan kesehatan di masyarakat, namun masih banyak yang belum terpasang di Puskesmas maupun Puskesmas Pembantu yang ada di Kota Kupang," kata dr. Ary di Kupang, Senin (20/9/2010).

Pengakuan dokter umum itu disampaikan berkaitan dengan, keluhan masyarakat terkait masih belum maksimalnya pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas dan Puskesmas Pembantu, karena terkendala listrik dan air.

Menurut dia, dari 10 Puskesmas dan 32 Puskesmas Pembantu yang sudah ada, ditambah lima unit lainnya yang sedang dalam pengerjaannya dan tersebar di 49 kelurahan yang ada, masih ada sejumlah tempat layanan kesehatan masyarakat itu yang belum mendapatkan layanan jaringan air bersih dan listrik, karena terkendala jaringan masing-masing layanan.

Di beberapa titik lokasi, seperti di Kelurahan Belo dan Naioni, yang berada di batas wilayah Kabupaten Kupang, memang belum terpasang jaringan perpipaan untuk jaringan air bersih dari PDAM Kabupaten Kupang.

Untuk mengatasi hal itu, kata dia, Dinas Kesehatan sudah mengadakan sejumlah tempat penampungan air bersih berupa fiber, dan menggunakan jasa mobil tangki air sebagai sumbernya. "Semua kendala sudah kita talangi, agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat tetap berjalan efektif," kata Ary. Terhadap jaringan listrik, lanjut Ary, hanya terkendala pada instalasi dalam dan hanya untuk beberapa pustu saja.

Dia menjelaskan, jaringan listrik menjadi salah satu hal vital yang harus dimiliki oleh Puskesmas, terutama di sejumlah Puskesmas yang telah berstatus rawat inap yang penanganan dan tindakannya sudah sampai pada tahap penanganan ibu melahirkan.
"Karena itu semua alat yang ada harus digerakan melalui aliran listrik, sehingga ia menjadi penting," kata Ary.

Terhadap rencana pembangunan tambahan lima Puskesmas Pembantu, dia mengatakan akan langsung dilengkapi dengan jaringan air bersih dan listrik, sehingga pada saat operasionalisasi pustu tersebut, sudah tidak lagi mendapatkan kendala yang berakibat kepada menurunya mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat. "Pada prinsipnya, pemerinatah akan selalu memberikan layanan kesehatan yang terbaik demi peningkatan taraf hidup sehat masyarakat di daerah ini," kata Ary. (kotakupang.com)

Tidak ada komentar: