Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Lopez Janji Bangun SMA Negeri 1 Wedomu

ATAMBUA, SPIRIT--Bupati Belu, Drs. Joachim Lopez, berjanji akan membangun gedung SMA Negeri 1 Wedomu di Kecamatan Tasifeto Timur. Rencana ini akan direalisasikan pada tahun anggaran (TA) 2011 mendatang.

Janji Bupati Lopez ini disampaikan kepada masyarakat ketika melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Tasifeto Timur, Sabtu (4/9/2010) lalu. "Pemerintah akan bangun sebuah gedung SMU yang akan diberi nama SMU Negeri 1 Wedomu. Dengan begitu para orang tua di wilayah Tasifeto Timur bisa menyekolahkan anaknya. Jadi, tidak ada lagi alasan bahwa sekolah jauh di kota," kata Lopez.

Rencana ini, kata Bupati Lopez, merupakan salah satu program pemerintah untuk membuka akses seluas-luasnya bagi rakyat untuk memperoleh pendidikan sebagai salah satu haknya.

Dalam kesempatan kunjungan kerja tersebut, Bupati Lopez juga memantau lahan persawahan Oe Alas, yang akan dijadikan lahan percontohan untuk menanam padi jenis hibrida. Lahan sawah seluas 100 hektar itu akan ditanami padi jenis hibrida pada tahun 2011 yang akan datang.

Di hadapan para petani dan petugas PPL, Bupati Lopez mengimbau agar petugas penyuluh pertanian memberikan pencerahan kepada petani supaya dapat menerapkan pola tanam yang efektif. Dengan begitu pada musim panen pertama dan kedua dapat menanam padi dan pada musim tanam ketiga dapat menanam palawija dan tanaman umur pendek lainnya.

"Petugas PPL harus terus mendampingi para petani agar dalam tiga kali musim tanam dapat menghasilkan produk pertanian yang berkualitas baik jumlah maupun mutunya," pinta Bupati Lopez.

Ia juga menyarankan kepada dinas teknis terkait agar mensuplai pupuk kepada para petani tepat waktu. Jika petani belum mempunyai uang untuk membeli pupuk, saran Bupati Lopez, sebaiknya petani meminjam uang dari dana abadi desa untuk membeli pupuk. Dana tersebut dapat dikembalikan setelah menjual hasil panen.

Usai memantau areal persawahan Oe Alas, Bupati dan rombongan mengunjungi pembangunan Irigasi Motamerak dan Embung Haekrit. Irigasi dan embung ini akan difungsikan untuk mengairi areal persawahan sekitar, untuk sumber air minum bagi manusia dan ternak serta untuk kebutuhan tempat wisata di Wedomu. Lopez berharap agar irigasi itu dapat diselesaikan pengerjaannya dalam tahun 2010 ini. " Sedangkan dari Embung Haekrit, akan dibangun saluran irigasi pada tahun 2011 yang akan datang guna mengairi areal persawahan sekitar," tukasnya.

Dalam kesempatan kunjungan kerja di Kecamatan Tasifeto Timur, Bupati Lopez didampingi oleh hampir semua pimpinan SKPD setempat. "Saya sengaja membawa pimpinan SKPD dalam kunjungan ke masyarakat, agar semua kepentingan masyarakat dapat direkam dan diakomodir dalam RPJMD. Sebab mereka sudah melihat sendiri kondisi riil di lapangan, apa masalahnya dan solusi apa yang paling tepat untuk mengakomodir kebutuhan dan harapan masyarakat," demikian alasan Bupati Lopez. (humas pemkab belu)

Tidak ada komentar: