Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Jangan Biarkan Anak Hidup Apa Adanya

WAIBAKUL, SPIRIT--Wakil Bupati (Wabup) Sumba Tengah, Umbu Dondu, BBA, meminta para orangtua tidak membiarkan anak hidup dan berkembang menurut kemauannya atau apa adanya dengan alasan sibuk. Hal itu justru menjadi malapetaka bagi perkembangan anak di masa mendatang.

"Bimbing dan tuntunlah anak-anak sejak dini agar mereka yang polos sejak awal kehidupan terekam pola kehidupan yang positif dan ketika tumbuh besar memiliki perilaku hidup yang baik," imbuh Umbu Dondu ketika membuka lomba mewarnai anak Taman Kanak-kanak (TK) se-Kabupaten Sumba Tengah di Lapangan Ratiwoya, Waibakul, belum lama ini.

Wabup Umbu Dondu juga berpesan kepada para orangtua agar wajib memberikan perhatian lebih terhadap anak-anaknya sejak usia dini agar mereka dapat tumbuh kembang lebih baik dan cerdas. Orangtua wajib menuntun anaknya sejak dini dengan mengenalkan berbagai kegiatan kreatif seperti mewarnai gambar dan pendidikan lainnya agar anak-anak memiliki basis pengetahuan yang dapat ditumbuhkembangkan saat bertumbuh besar.

Menurut Umbu Dondu, anak-anak merupakan generasi muda penerus pembangunan di daerah ini. Karena itu, setiap orangtua wajib memberikan perhatian serius terhadap perkembangan anak-anaknya.

"Orangtua jangan membiarkan anak-anak berkembang apa adanya, tapi harus menuntun dan mengarahkan perkembangan anak ke hal positif agar mereka memiliki dasar pendidikan yang baik dan kuat sehingga anak-anak memiliki kualitas kepribadian yang baik bagi kelangsungan kepemimpinan dan pembangunan daerah ini di masa mendatang," tegasnya.

Dikatakannya, dalam era globalisasi saat ini anak-anak cepat terpengaruh perkembangan dunia luar sehingga orangtua harus mampu mengendalikan anaknya agar tidak terjerumus ke hal negatif yang tidak sesuai budaya bangsa.

"Anak-anak perlu diarahkan agar hidup teratur dan belajar hal yang positif agar ke depan memiliki kemampuan pribadi yang baik, jujur, cerdas dan tangguh bagi kelangsungan pembangunan daerah ini," pintanya. (pet)

Tidak ada komentar: