Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Kades Diingatkan Selalu di Tengah Masyarakat

Spirit NTT, 22-28 Juni 2009

ATAMBUA, SPIRIT
--Bupati Belu, Drs. Joachim Lopez, mengingatkan semua kepala desa (Kades) di daerah itu untuk selalu di tengah masyarakat. Tujuannya untuk memberikan motivasi kepada masyarakat.

Ia mengatakan hal ini pada pengambilan sumpah dan pelantikan Kades Motaain, Oanmane, Naas, Raimataus dan Rabasa Hairain, Kecamatan Malaka Barat, Selasa (16/6/2009). "Tiga bidang inilah yang menjadi tugas pokok seorang kepala desa ketika ia diambil sumpah dan dilantik. Sedangkan masalah lain, seperti kebutuhan air bersih bagi masyarakat dan sarana umum lainnya menjadi tanggung jawab pemkab," katanya.


Di bidang pertanian lanjut bupati, Kades harus berada di tengah masyarakat untuk memberikan motivasi agar dapat memberdayakan potensi yang ada terutama memanfaatkan lahan tidur.

Ia mengatakan, seorang Kades selalu memperhatikan kesehatan masyarakat terutama kesehatan lingkungan, gizi buruk yang selalu melanda anak balita serta kejadian-kejadian luar biasa lainnya. Kades agar selalu bertindak cepat dan tepat untuk melaporkan kepada instansi terkait guna mendapat bantuan.

Ia juga mengingatkan Kades agar selalu berkampanye tentang keluarga berencana. Pasalnya, pertumbuhan penduduk dengan anga kelahiran yang setiap tahun terus bertambah sedang lahan pertanian tak bertambah. "Dua anak cukup. Bukan berarti kita melarang hak asasi masyarakat, namun banyak anak apakah kita sebagai orangtua dapat melaksanakan semua hak anak dengan baik terutama di bidang pendidikan," katanya.

Wakil Ketua DPRD Belu, Bernadus Bria, B.A, mengatakan, pelantikan seorang Kades merupakan titik awal untuk memulai tugas selama enam tahun. Selama jangka waktu itu ia harus bisa melayani masyarakat secara baik. (humas pemkab belu)



Tidak ada komentar: