Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Desa Aman Harus Menjadi Gerakan Moral

* Bupati Umbu Bintang
Spirit NTT, 22-28 Juni 2009

WAIBAKUL, SPIRIT-
-Kondisi ketenteraman dan ketertiban masyarakat terutama masalah pencurian ternak dan perampokan merupakan salah satu isu utama di Kabupaten Sumba Tengah. Karenanya setiap kepala desa harus mampu menjaga desa dari berbagai bentuk gangguan. Hidupkanlah sistem keamanan lingkungan atau pola apa saja yang tepat dalam mengatasi gangguan terhadap harta milik masyarakat. Gerakan desa aman harus menjadi gerakan moral bersama di Kabupaten Sumba Tengah.

Hal ini diungkapkan Bupati Sumba Tengah (Sumteng), Drs. Umbu Sappi Pateduk alias Umbu Bintang ketika melantik dan mengambil sumpah Kepala Desa Lenang, Agus Lota Lapu, di Lenang, 18 Maret 2009 lalu.


Menurut Bupati Bintang, isu keamanan dan ketertiban dibahas khusus dalam rapat kerja Pamong Praja se-Kabupaten Sumba Tengah tanggal 4-5 Februari 2009. Saat itu, katanya, terdapat beberapa pokok pikiran yang dihasilkan secara bersama yang sekarang sementara digodok lebih lanjut oleh tim perumus dan pada gilirannya akan dipercakapkan kembali dengan berbagai elemen masyarakat termasuk di dalamnya unsur-unsur pemerintahan desa.

Kepada Kades Lenang, Bupati Umbu Bintang meminta untuk menjalin kerja sama dengan BPD, LPM dan seluruh elemen masyarakat lainnya untuk menggerakkan masyarakat dalam meningkatkan produktivitas. "Gerakan Kembali ke Kebun haruslah menjadi sebuah Gerakan Moral bersama di Kabupaten Sumba Tengah. Tak boleh ada masyarakat yang tak punya kebun. Apapun caranya, sepanjang halal, gunakanlah kewenangan kades agar setiap masyarakat memiliki kebun. Namun untuk itu, keteladanan menjadi penting. Jikalau masyarakat harus memiliki kebun dengan luasan tertentu maka kepala desa, perangkat desa, BPD, dan LPM juga harus memiliki kebun," tegasnya.

Selain itu, lanjut bupati, pola hidup hemat juga harus menjadi sebuah gerakan di Desa Lenang. Ketuklah pintu setiap warga desa, yakinkan mereka agar belajar hidup hemat. Gerakan Hidup Hemat harus menjadi sebuah Gerakan Moral bersama.
Pendidikan dan kesehatan masyarakat, lanjut bupati, juga harus menjadi sebuah perhatian kades. "Saudara kades harus memimpikan sesuatu bagi desa ini. Mimpi agar dalam rentang waktu tertentu akan lahir sarjana-sarjana handal dari desa ini. Bermimpi bahwa dalam rentang waktu tertentu masyarakat desa ini terbebaskan dari berbagai penyakit yang mendera. Gerakan menyekolahkan Anak dan Gerakan Hidup Sehat harus menjadi sebuah Gerakan Moral bersama," tandasnya.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah, Bupati Umbu Bintang mengucapkan selamat kepada Kades Lenang atas kepercayaan rakyat dan Tuhan terhadapnya.
"Kepada keluarga saya juga mengucapkan selamat dan meminta agar terus mendukung pelaksanaan tugas-tugas dari Saudara Agus Lota Lapu. Terima kasih kepada pemerintah kecamatan,

pemerintah desa, kepada BPD, LPM, panitia pemilihan, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh pemuda dan semua masyarakat desa yang telah memungkinkan kegiatan pelantikan dimaksud terselenggara," katanya. (humas sumba tengah)



Tidak ada komentar: