Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Penjualan Souvenir Tempat Lokasi Strategis

Spirit NTT, 23-29 Maret 2009, Laporan Oby Lewanmeru

LABUAN BAJO, SPIRIT--
Penjualan souvenir atau cinderamata yang dilakukan warga di obyek wisata Loh Liang, kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) menempati tempat strategis di pinggir pantai Loh Liang. Para perajin souvenir diberikan tempat khusus untuk berjualan agar tidak mengganggu aktivitas wisatawan yang keluar-masuk kawasan tersebut.

Pantauan SPIRIT NTT di Loh Liang-TNK, Rabu (11/3/2009), sejumlah perajin maupun penjual cinderamata ditempatkan pada salah satu lokasi. Lokasi ini cukup strategis karena berada di tepi pantai dan pada lintasan wisatawan saat kembali dari traking.


Sebelumnya, para penjual cinderamata di kawasan wisata ini bebas berkeliaran sehingga mengganggu wisatawan yang masuk ke kawasan ini. Terganggunya wisatawan akibat penjual kurang tertib menawarkan barang dagangannya kepada wisatawan. Karena itu pengelola TNK menetapkan tempat khusus untuk mereka berjualan cinderamata.

Sejumlah barang cinderamata yang ditawarkan kepada wisatawan yakni patung komodo, kalung mutiara, topeng-topengan, gelang serta aneka pakaian (baju kaos) dengan logo binatang komodo.

Dengan adanya lokasi khusus ini, maka terlihat para penjual vouvenir lebih tertib menjajakan barang dagangannya dan para wisatawan tidak merasa diuber-uber penjual. "Saat ini kami sudah punya lokasi khusus untuk jualan sehingga lebih mudah bagi wisatawan untuk mencari cinderamata," kata Iskandar, dan dibenarkan Mahmud. Keduanya penjual cinderamata. (*)



Tidak ada komentar: