Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Pemimpin Harus Jadi Contoh dan Teladan

Spirit NTT, 23-29 Maret 2009

KUPANG, SPIRIT--
Seorang pemimpin harus menjadi contoh, teladan, dan harus mempunyai seusuatu yang lebih dari orang lain. Menjadi seorang pemimpin tidak bisa melalui jalan pintas atau cara instan tetapi pemimpin itu dibentuk.

Menjadi seorang pemimpin harus melalui sebuah proses dan tahapan-tahapan pengkaderan yang bertujuan memperluas wawasan dan intelektual, serta memperkuat integritas diri dan mentalitas kepemimpinan.



Hal ini diungkapkan Wakil Walikota Kupang, Drs. Daniel Hurek, ketika membuka kegiatan Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) Ikatan Mahasiswa Lewolema (IKMAL) di Aula Yayasan Sanlima-Kupang, Jumat (6/3/2009).
Menurut Daniel Hurek, untuk menjadi seorang pemimpin, kita harus mengawal diri kita atau menjaga moralitas diri kita. Selain moralitas, kata Hurek, yang perlu dijaga adalah kapasitas intelektual seorang pemimpin harus berbeda dengan orang lain.

Kepada seluruh peserta LKTD, Hurek menyampaikan bahwa pilihan untuk membaurkan diri dalam sebuah organisasi merupakan sebuah keputusan yang bijaksana. Karena, menurutnya, seorang pemimpin lahir dari sebuah proses pembentukan dan penggodokan melalui sebuah organisasi.

Kepada para peserta LKTD, Hurek meminta agar memperkaya wawasan dan khazanah berpikir melalui kemampuan mengakses informasi pengetahuan dan teknologi sebanyak-banyaknya.

Menyangkut dengan maraknya aksi tawuran yang sering terjadi antar mahasiswa dan pelajar, Wakil Walikota berharap agar para mahasiswa IKMAL sebagai masyarakat intelek mampu menjaga citra almamater dengan mengedepankan kualitas akademik yang terpuji dan tidak terbawa oleh fenomena negatif tersebut, yang pada akhirnya akan merugikan diri sendiri maupun lembaga pendidikan.
Hurek juga minta agar seluruh pengurus IKMAL mampu mempertahankan sikap independensi organisasi agar tidak ditunggangi dengan kepentingan-kepentingan sesaat terutama menjelang pemilu 2009.

"Mari bersama-sama kita ciptakan ketentraman dan ketertiban di lingkungan masing-masing agar seluruh proses pemilu legislatif tahun 2009, dapat berjalan dengan aman dan sukses," pinta Hurek. (humas infokom kota kupang)






Tidak ada komentar: