Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Pengembangan Rumput Laut Terkendala Dana

Spirit NTT, 23-29 Maret 2009, Laporan Ferdinandus Dole Hayong

ATAMBUA, SPIRIT--
Pengembangan rumput laut warga di pesisir Desa Fatukeki, Kecamatan Kakulukmesak, Belu, terkendala dana. Anggota kelompok masyarakat (pokmas) rumput laut di desa itu sudah mengajukan proposal ke Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Belu, namun hingga saat ini dana belum dicairkan. Anggota kelompok pun mendatangi Dewan untuk mencarikan jalan keluarnya.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Belu, Cyprianus Temu, S.Ip, mengatakan hal ini di Atambua, Sabtu (14/3/2009). Ia menjelaskan, pengembangan proyek rumput laut di pantai utara Belu, masyarakat pesisir pantai seperti di Desa Fatuketi telah membentuk kelompok masyarakat. Warga membuat proposal untuk mendapatkan dana pendampingan guna pengembangan rumput laut yang ada dalam pengawasan DKP Belu.


Namun, kata Temu, saat anggota pokmas hendak mengambil dana ternyata instansi teknis belum siap memberikan dengan alasan gelombang masih tinggi. Akibatnya, warga mengadukan persoalan ini ke DPRD Belu untuk dicarikan solusinya.

"Beberapa hari lalu anggota kelompok usaha rumput laut dari Fatuketi mendatangi Komisi C. Mereka pertanyakan dana bagi kelompok yang belum dicairkan DKP Belu. Karena itu, Komisi perlu pertanyakan alasan mendasar sehingga dana kelompok ini belum dicairkan padahal dari segi persyaratan sudah terpenuhi," kata Temu.

Secara terpisah Kadis DKP Belu, Yeremias Nahak, S.H mengakui adanya pengaduan warga kelompok rumput laut itu. Dia mengaku dana itu tidak dikelola langsung dinas ini karena dana pusat yang dikirim langsung ke rekening kelompok melalui BRI.

"Kami tidak punya kepentingan apapun dalam urusan dana kelompok usaha rumput laut. Tugas dinas sebatas memfasilitasi sehingga dana itu tidak mubazir. Dana itu sudah masuk rekening kelompok sejak Desember 2008. Hingga kini belum bisa diambil karena pertimbangan masih tingginya gelombang laut," tegasnya. (*)


Tidak ada komentar: