Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Costa Allegra Angkut 600 wisman

* Ke Loh Liang, Taman Nasional Komodo
* Saksikan Salah Satu Keajaiban Dunia
Spirit NTT, 23-29 Maret 2009, Laporan oby lewanmeru

LABUAN BAJO, SPIRIT--
Kapal Costa Alegra mengangkut 600 wisatawan mancanegara (wisman) mengunjungi obyek wisata di Pulau Komodo, tepatnya di Loh Liang, kawasan Taman Nasional Komodo (TNK).
Sebagian besar wisman berasal dari benua Eropa dengan tujuan utama melihat binatang komodo (varanus comodoensis), selain ingin menyaksikan langsung kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) yang dinominasikan sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia (seven wonder of nature).

Pantauan SPIRIT NTT, Rabu ( 11/3/2009 ), sekitar pukul 11.30 Wita, para wisman masuk kawasan TNK menggunakan kapal Costa Allegra. Kapal ini memiliki kapasitas muat sekitar 1.500 orang dengan bendera Italia dan Indonesia.



Kapal yang mengangkut para wisman ini sebelumnya dari Makassar langsung masuk ke TNK. Para wisman umumnya berasal dari Jepang, Spanyol, Italia, Australia dan Rusia. Mereka yang mengunjungi kawasan TNK bukan cuma orang dewasa, namun juga anak-anak. Karena kapal ini berlabuh beberapa mil dari pelabuhan Loh Liang maka untuk membawa tamu-tamu ini ke darat maka pihak kapal menggunakan speed boat guna membawa tamu-tamu itu ke darat. Mereka diangkut lagi oleh dua speed boat milik Kapal Costa Allegra beberapa kali hingga tiba di daratan.

Mereka dibagi dalam beberapa kelompok guna memudahkan pengawasan selama berada di kawasan TNK. Setiap kelompok selalu diberi pengarahan dan pengenalan oleh petugas BTNK dan PT Putri Naga Komodo (PNK) tentang kawasan TNK dan juga tentang biawak komodo. Kelompok didampingi oleh rangers (jagawana) dan guide (pemandu) serta perwakilan travel agen. Para wisman langsung dibawa melihat komodo dan traking. Ada pula yang hanya melihat komodo di sekitar restoran dan semua wisman tanpa kecuali dipandu agar sekembalinya melihat komodo harus menyinggahi tempat penjualan souvenir berupa patung komodo, mutiara, berbagai cinderamata serta tempat penjualan pakaian berlogo komodo. Ada pula wisman yang melepaskan lelah di pantai dan mandi serta bersenda gurau.

Kepala BTNK, Drs. Tamen Sitorus, melalui Kepala Seksi (Kasie) Pengelolaan TNK Wilayah Konservasi II Pulau Komodo, Vinsensius Latif, menjelaskan bahwa para wisman yang datang itu masuk melalui Makassar.

Menurut Latif, kehadiran ratusan wisman itu ingin melihat binatang purbakala yang ada satu-satunya dalam TNK. Dalam tahun ini sudah ada tiga kapal yang masuk membawa tamu wisatawan ke TNK.
"Dalam tahun 2009 sudah tiga kapal seperti ini yang masuk ke kawasan TNK dengan rata-rata tamu mencapai 500-600 orang sekali masuk. Kehadiran para wisman ini bertujuan melihat langsung kawasan yang akan dinominasikan menjadi tujuh keajaiban dunia," kata Latif. (*)



Tidak ada komentar: