Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

156 CPNS Kota Ikut Diklat Prajabatan

Spirit NTT, 23-29 Maret 2009

KUPANG, SPIRIT--
Seratus lima puluh enam calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) Pemkot Kupang golongan I dan II mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Prajabatan di Hotel Kupang Beach, Selasa (10/3/2009). Diklat ini dibuka Walikota Kupang, Drs. Daniel Adoe.

Walikota Kupang, Drs. Daniel Adoe, dalam sambutannya, mengatakan, Diklat Prajabatan bukanlah sekadar untuk memenuhi syarat formal administratif untuk diangkat menjadi PNS, tetapi perlu dimaknai sebagai salah satu upaya strategis untuk membentuk jati diri dan performa CPNS sebagai bagian integral dari aparatur negara dan abdi masyarakat yang memiliki kualitas tertentu.


Kualitas itu, antara lain, memiliki sikap, mental, perilaku, dan karakter PNS yang bermartabat, memahami nilai-nilai dan etika birokrasi pemerintahan, memiliki kemampuan yang dapat diandalkan untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan daerah.

Menurut Walikota, pelaksanaan diklat ini didasari pada tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap para CPNS agar mampu melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan secara lebih profesional. "Diklat ini harus berfungsi sebagai wahana menciptakan calon-calon pegawai negeri sipil yang memiliki bobot sebagai aparatur PNS yang profesional dengan pengetahuan dan kompetensi yang memadai," katanya.

Kepada seluruh peserta diklat, Walikota mengingatkan untuk mengikuti kegiatan diklat ini dengan baik dan mematuhi seluruh tata tertib serta mampu membangun komunikasi yang efektif baik dengan sesama peserta maupun dengan para widyaiswara, sehingga proses pendidikan dan pelatihan ini dapat berjalan dalam pola pembelajaran interaktif, yang memberi ruang bagi peserta untuk lebih aktif mengeksplorasi pengetahuan sebanyak-banyaknya.

"Saya perlu ingatkan bahwa lulus atau tidak bagi saudara-saudara dalam diklat ini, akan ditentukan oleh sejauhmana kesungguhan dan kedisplinan yang saudara-saudara tunjukkan pada setiap sesion pelajaran," tegas Walikota.
Walikota berharap agar diklat ini dapat ditempatkan sebagai bagian dari proses pembelajaran dalam rangka membentuk calon pegawai negeri sipil menjadi seorang aparatur birokrat yang handal, dan yang terutama mampu mengembangkan secara baik seluruh pengetahuan yang diperoleh ke dalam bidang tugas dan fungsi masing-masing, sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Kupang, Alis Siokain, S.H, dalam laporannya, menyebut peserta yang mengikuti diklat prajabatan golongan I dan II ini, berjumlah 156 orang, merupakan formasi tenaga ex honorer tahun 2007.

Diklat prajabatan ini, menurut Alis, dilaksanakan selama 54 hari dengan jumlah jam pembelajaran sebanyak 174 jam, dan akan dibagi dalam tiga gelombang, dimulai tanggal 10 Maret sampai 15 Mei 2009, bertempat di Hotel Kupang Beach.
Hadir dalam acara pembukaan, pimpinan dinas, badan, kantor, dan camat lingkup Pemkot Kupang. Acara pembukaan ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Walikota Kupang kepada perwakilan peserta, serta pembacaan ikrar oleh salah satu peserta diklat. (humas infokom kota kupang)



Tidak ada komentar: