Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Pimpinan Dewan serahkan Paket Jalin ke Mendagri

Spirit NTT, 26-1 s/d 2-2-2009, Laporan Fredy Hayong

ATAMBUA, SPIRIT --
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu, Selasa (20/1/2009), mengusulkan paket Bupati dan Wakil Bupati Belu terpilih kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat. Dan, pada Rabu (21/1/2009), pimpinan Dewan menyerahkan hasil Pilkada Belu kepada Gubernur NTT melalui Biro Pemerintahan Setda NTT untuk selanjutnya diteruskan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk proses penetapan surat keputusan.

Ketua KPU Belu, Drs. Paulus Klau dan Wakil Ketua DPRD Belu, Drs. Herman Koko Silvester, mengatakan hal ini saat dihubungi, Rabu kemarin, menjelaskan, setelah MK memutuskan hasil pilkada putaran kedua di Belu beberapa waktu lalu, KPU Belu telah merekap kembali hasil secara resmi dan sudah diserahkan kepada lembaga dewan untuk diproses lebih lanjut.


"Untuk pleno pilkada Belu putaran kedua hasilnya sudah kita sampaikan ke dewan. Dewan akan mengatur mekanisme selanjutnya ke gubernur dan mendagri. Tugas KPU sudah selesai setelah menyerahkan hasil pleno putaran kedua itu," jelasnya.
Sementara Herman Koko saat dihubungi mengaku berada di ruang kerja Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda NTT untuk menyerahkan hasil pleno pilkada Belu putaran kedua. Setelah mendapat surat rekomendasi dari gubernur, pihaknya akan ke Jakarta untuk menyampaikan hasil pilkada Belu kepada Mendagri.

"Kami sudah terima hasil pilkada Belu dari KPU dan hari ini (Rabu, 21/1/2009, Red) kami sudah serahkan ke gubernur melalui Biro Tata Pemerintahan Setda NTT. Selanjutnya kami menunggu kapan rekomendasi dari gubernur keluar dan kami akan bawa langsung ke Depdagri untuk mendapatkan kepastian diterbitkannya surat keputusan Mendagri," kata Herman Koko.

Diberitakan sebelumnya, pasangan calon bupati dan wakil bupati Belu, Drs. Joachim Lopez-Ludovikus Taolin, BA (Paket Jalin) tampil sebagai pemenang dalam proses pilkada putaran kedua di Belu. Paket Jalin mengantongi 84.061 suara atau 5,291 persen sementara pasangan drg. Gregorius Mau Bili-Drs. Berchmans Mau Bria (Paket Gemar) memperoleh suara 76.695 suara atau 47,709 persen pada pleno KPU, Rabu (17/12/2008).*

Tidak ada komentar: