Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

LIURAI DALAM SEJARAH

Spirit NTT, 29 September - 5 Oktober 2008

Silsilah Liurai Fatuaruin (Liurai Wehali) yang memerintah Belu:
1. Hoa Diak Malaka
2. Dasin Don Peur
3. Dasin Dinik Liurai
4. Dasin Neken Liurai
5. Dasin Bada Mataus
6. Dasin Don Alesu Fernandes
7. Dasin Liurai Muskita
8. Seran Tae Boboto Rui
9. Dasin Tei Seran
10. Dasin Tere Atok Liurai I
11. Dasin Tere Atok II
12. Dasin Tey Seran Liurai
13. Josef Seran Fatin (Nai Bot Liurai Malaka)
14. Anton Tey Seran
15. Louis Sanaka Tey Seran

* LIURAI I
Dikisahkan, pada zaman dulu, liurai pertama adalah seorang wanita yang sangat cantik menawan, disanjung, diberi gelar Diak Malaka. Ia adalah Liurai feto dan kawin dengan Seran Taen Boboto Rui Makerek yang diberi gelar: sui Likusaien, sui wehali (sui dalam bahasa Tetun artinya: menanduk).

* LIURAI II
Dari perkawinan Hoa Diak Malaka dengan Seran Taen Baboto Ruin Makerek ini, lahirlah dua orang anak, salah seorang anak bernama Don Peur yang menggantikan ibunya sebagai Liurai kedua. Sedangkan anaknya yang lain, seorang putri raja bernama Dona Hodak, kawin dengan raja
Loosina bernama Hoa Sina Malaka Liurai. Turunan dari perkawinan mereka hingga Liurai Liurai VII tidak diberi kehormatan untuk menjabat sebagai Liurai karena saat itu garis hukum keturunan masih diakui dari garis bapak (patriarchat)

* LIURAI III
Lalu Dasi Don Peur sebagai Liurai II menikahi anak raja Dirma bernama Dasin Masaurain. Dari perkawinan mereka lahirlah dua bersaudara yakni Dasin Dinik Liurai sebagai Liurai yang ketiga sedangkan adiknya Dasin Eno Tinik Liurai meninggal sehingga tidak punya keturunan.

* LIURAI IV
Dasin Dinik Liurai (Liurai III) kawin dengan Dasin Telek Masan Rain II, anak raja Melus Maketan. Dari perkawinan ini, lahirlah Dasin Neken Liurai sebagai Liurai IV. Dasin Neken Liurai kawin dengan dua orang istri, yakni Dasin Abulorok, anak raja Jenilu dan Dasin Lese Bauk, anak raja Bakiduk. Masa pemerintahan Liurai IV ini dikenal orang sebagai raja yang piawai dalam membagi tanah Timor.


* LIURAI V
Keempat anak hasil perkawinan Liurai IV dengan anak raja Jenilu diberi kuasa kuasai memerintah tanah Timor yang sudah dibaginya. Yakni Dasin Bada Mataus dijadikan Liurai V, tinggal di Wehali. Dasin Ura Mataus Liurai Likusaen berkuasa di Dili. Dasin Soko Mataus Liurai di Kupang Sonbay dan Dasin Neken Mataus Liurai merantau ke Larantuka.

* LIURAI VI
Sebagaimana disebutkan diatas bahwa Liurai keempat (Dasin Neken Liurai) mempunyai dua orang istri. Hasil perkawinan dengan istri anak raja Bakiduk, yakni Dasin Don Alesu Fernandes diangkat sebagai Liurai VI. Liurai ini dikenal sebagai raja yang menerima tongkat mas dan perak zaman Portugis. Juga sejarah mencatat, Liurai VI ini kawin dengan Dasin Hoa Tuka, anak raja Larantuka. (pde@belukab.go.id)

Tidak ada komentar: