Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Pemkot luncurkan enam program strategis

Spirit NTT, 25-31 Agustus 2008

KUPANG, SPIRIT--Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang telah meluncurkan enam program strategis bertepatan dengan satu tahun kepemimpinan Drs. Daniel Adoe dan Drs Daniel Hurek. Enam program tersebut, yakni pendidikan murah bermutu, pelayanan kesehatan dasar gratis, pemberdayaan ekonomi masyarakat, pelayanan air bersih, pemenuhan masyarakat akan rumah sehat dan pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

Walikota Kupang, Drs. Daniel Adoe, mengungkapkan enam program strategis tersebut pada acara penutupan sidang I Tahun 2008 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kupang di Ruang Sidang Utama, Kamis (21/8/2008).
Program pendidikan murah bermutu, kata Adoe, berpedoman pada tiga pilar kebijakan pendidikan, yaitu perluasan dan pemerataan akses pendidikan, peningkatan mutu, relevansi dan daya saing pendidikan, penguatan tata kelola, akuntabilitas dan citra publik pendidikan.

Program pelayanan kesehatan dasar gratis, kata Adoe, yaitu memberikan keringanan atau bebas biaya pengobatan pelayanan dasar kepada masyarakat Kota Kupang disaat sulitnya kondisi ekonomi. Sementara program pemberdayaan ekonomi masyarakat yaitu untuk memberdayakan masyarakat yang bergerak di bidang usaha mikro, kecil dan menengah melalui intervensi pemberian modal usaha, dimana sistem penggulirannya akan dilakukan kerja sama dengan lembaga keuangan mikro (koperasi) yang berada di bawah naungan institusi keagamaan, yaitu Koperasi Serba Usaha (KSU) Talenta, Koperasi Kredit Serviam, SKU Nursa'adah dan KSU Dewi Gangga.

Sementara program pelayanan air bersih antara lain menerapkan prinsip efisien melalui perbaikan cara pengoperasian dan pemeliharaan sistem, perbaikan saluran, pengaturan air bagi industri/perhotelan atau sejenisnya wajib diatur dalam kebijakan sumber daya air Kota Kupang. "Pengaturan yang tepat untuk penyedotan air dan penerapan tarif yang realistis serta pengetatan alokasi air dan persyaratan pengendalian pencemaran yang lebih tegas," ujarnya.

Pemkot Kupang, lanjutnya, dalam rangka pemenuhan kebutuhan masyarakat akan rumah sehat, pada tahap pertama akan membangun 575 unit rumah dengan peruntukan 300 unit untuk PNS golongan I dan II, sisanya 275 untuk masyarakat tidak mampu.

Pembangunan dilaksanakan di Kelurahan Manulai II di atas tanah seluas 40 hektar (ha). Program terakhir adalah pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme dalam rangka penciptaan good and clean governance. (infokom kota kupang)


Tidak ada komentar: