Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Diperbaiki jaringan pipa air di SoE

Spirit NTT, 21 - 27 Juli 2008, Laporan Muchlis Al Alawi

SOE, SPIRIT--Jaringan perpipaan di wilayah Kota SoE yang sudah tua mendapatkan perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Timor Tengah Selatan (TTS) untuk diperbaiki dan dibenahi. Melalui Perusahaan Daerah Air Minum TTS, pemkab setempat segera memperbaiki jaringan perpipaan dalam Kota SoE, Ibukota Kabupaten TTS sepanjang tiga kilometer.

Direktur PDAM TTS, Didi Edy Haryadi, BE, dikonfirmasi di SoE, Sabtu (19/7/2008) mengatakan, perbaikan jaringan perpipaan di Kota SoE menelan dana sebesar Rp 1 miliar. Menurutnya, perbaikan tersebut merupakan bagian dari rencana PDAM TTS menggantikan jaringan perpipaan hingga 9,6 km.

"Lewat pergantian jaringan pipa, maka akan memperlancar distribusi air PDAM kepada masyarakat. Masalahnya, selama ini pendistribusian air kurang lancar lantaran jaringan perpipaan yang ada belum pernah diganti sejak 1980-an. Parahnya lagi, jaringan perpipaan yang ada sejak tahun itu terbuat dari asbes," jelasnya.
Didi mengatakan, jaringan perpipaan asbes rentan bocor dan pecah. Hal itu terbukti sering terjadinya pipa pecah dan bocor di wilayah Kota SoE dan sekitarnya. Untuk itu, pergantian pipa asbes ke pipa PVC menjadi solusi tepat untuk mengatasi persoalan tersebut.

Tentang efektivitas pipa PVC, Didi mengatakan pipa tersebut dapat bertahan hingga puluhan tahun. Selain itu, pipa PVC harganya lebih murah dibanding pipa besi.
Menurut Didi, jaringan perpipaan yang sudah diperbaiki belum dioperasionalkan lantaran aksesoris yang dipesan belum tiba di SoE. Aksesoris itu harus didatangkan dari Pulau Jawa karena di wilayah NTT belum ada yang menjualnya.

"Kami sudah memesan sejak bulan lalu. Persoalan cuaca mengakibatkan pengiriman aksesoris pipa tertunda hingga kini. Mudah-mudahan cuaca membaik saat ini tidak menghambat lagi pengiriman asesoris ke SoE-TTS," tandasnya.*


Tidak ada komentar: