Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Camat Waigete lantik Kades Runut

Spirit NTT, 21 - 27 Juli 2008, Laporan John Oriwis

WAIGETE, SPIRIT--Camat Waigete, Sirylus Wilhelmus, S.Sos, mengambil sumpah dan melantik Kepala Desa Runut, Rafael Raga, di Kantor BPD Desa Runut, Selasa (15/7/2008).

Acara ini disaksikan imam Pater Amandus, SVD. Pelantikan Kades Runut, Rafael Raga menggantikan Adrianus Rede dilakukan dengan pengukuhan secara adat oleh tua adat setempat. Usai pelantikan dilanjutkan dengan serah terima dan pelantikan Ketua Tim Penggerak (TP) PPK Desa Runut dari Mansueta Bunga kepada Sisilia Sudin oleh Ketua TP PKK Kecamatan Waigete, Marselina Male.

Hadir Kepala BPD Runut, Gregorius Gelit, Kepala BPMD Sikka, Drs. Ludgerus Wodong, segenap aparatur desa dan ratusan masyarakat.

Camat Wilhelmus mengatakan, dengan beralihnya tongkat kepemimpinan ke tangan Rafael Raga, maka Rafael kini memiliki tugas dan tanggung jawab melanjutkan roda pemerintahan desa. Tugas berat akan menjadi ringan jika Rafael mampu merangkul seluruh elemen masyarakat di desa.

"Sebagai pemimpin, Saudara harus mampu bekerja sama dengan seluruh komponen masyarakat, baik perangkat desa, anggota BPD, RT, RW, TNI/Polri setempat. Jika Saudara mampu melakukan fungsi ini dengan baik, maka Saudara akan sukses membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan desa ini," pesan Wilhelmus.

Kades ini juga harus mampu mengoptimalkan seluruh komponen masyarakat mulai dari perencanaan hingga pembangunan di desa. "Jangan andalkan kekuatan dan kekuasaan dalam memimpin. Namun harus mau mendengar dan mewujudkan apa yang menjadi kebutuhan rakyat dan desa. Di pundak Saudaralah pembangunan desa akan berjalan. Saudara tidak bisa bekerja sendiri. Mari kita bersama membangun mulai dari desa," kata Wilhelmus.

Kades juga diingatkan segera menyusun profil desa guna mengetahui kondisi ketahanan pangan rakyat, harus mampu meningkatkan SDM, mengurangi angka drop out dan mengurangi angka wanita rawan sosial yang ada di desa setempat.
Acara pelantikan kades dan Ketua TP PKK Desa Runut berlangsung meriah. Acara diisi dengan pertunjukan seni tradisional yang dibawakan sejumlah masyarakat desa setempat.*


Tidak ada komentar: