Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Lingkungan rusak, iklim berubah

Spirit NTT, 23 - 30 Juni 2008

KUPANG, SPIRIT--Kehidupan yang sehat, baik manusia maupun mahluk lain, diperlukan perilaku sehat dan ramah lingkungan. Sebab, pencemaran lingkungan mengakibatkan kerusakan lingkungan yang berdampak pada perubahan iklim dan krisis pangan, banjir dan longsor serta dapat merusak lahan pertanian.

Demikian dikatakan Menteri Negara Lingkungan Hidup, Ir. Rahmat Witoelar,
dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati Kupang, Drs. Ruben Funay, pada upacara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Halaman Kantor Bupati Kupang, 17 Juni 2008.

Dikatakan Menteri Negara Lingkungan Hidup bahwa kondisi ini harus dicegah karena akan menyebabkan tingginya harga pangan sehingga menimbulkan gejolak sosial, konflik kepentingan seperti pembukaan hutan untuk memperluas lahan pertanian, perumahan, periwisata, perkebunan dan pertambangan yang juga memberi kontribusi kerusakan lingkungan.

Dikutip Wakil Bupati, Drs. Ruben Funay, Menteri Negara Lingkungan Hidup mengungkapkan, sering kali pemanfaatan ruang yang tidak sesuai dengan kemampuan lahan sehingga melebihi daya dukung dan daya tampung. Karena itu, upaya penyelamatan lingkungan mendesak dilakukan, dengan demikian keseimbangan kepentingan lingkungan, sosial dan ekonomi dapat tercapai.

Hal ini merupakan komitmen dunia yang disepakati di Bali, Desember 2007.
Karena itu, sesuai dengan semangat 100 tahun Kebangkitan Nasional, Menteri Negara Lingkungan Hidup mengimbau kepada semua pihak baik pemerintah pusat, daerah, pengusaha, akademisi dan masyarakat umum untuk mengedepankan kepentingan lingkungan.

Untuk itu, kata menteri, jadikan momentum Hari Lingkungan Hidup 2008 ini menjadi awal perubahan perilaku yang ramah lingkungan seperti pola hidup hemat energi, hemat air dan penggunaan sumber daya alam secara arif dan bijak.
Sementara itu, Wakil Bupati Kupang, Drs. Ruben Funay, atas nama Pemerintah Kabupaten Kupang mengucapkan terima kasih kepada semua pihak baik pegawai negeri dan masyarakat Kabupaten Kupang yang telah berpartisipasi menyukseskan Pemilihan Gubernur NTT dan kita telah melaksanakannya secara baik dan aman. (humas kabupaten kupang)



Tidak ada komentar: