Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Dinkes beri pelayanan tanpa diskriminasi

Laporan Oby Lewanmeru, Spirit NTT, 23 - 30 Juni 2008

LABUAN BAJO, SPIRIT--Kepala Dinas (Kadis) Kehatan Kabupaten Mabar, Manggarai Barat, dr. I Gusti Ngurah Harijaya, mengatakan, petugas kesehatan tidak pernah diskriminasi kepada pasien dan tidak pernah membedakan status pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

"Kami melakukan pelayanan tanpa ada diskriminasi atau menunda pelayanan hanya karena status pasien baik yang pakai kartu askeskin maupun pasien umum atau yang tidak miliki kartu," kata Harijaya.

Pihaknya selaku pimpinan dinas teknis ini selalu mengontrol dan memberikan arahan kepada pimpinan puskesmas maupun pustu atau pelayanan lainnya agar tidak boleh membeda-bedakan status pasien tapi harus kedepankan pelayanan. Bahkan, Harijaya langsung cek ke seluruh puskesmas yang ada di wilayah dengan mengkonfirmasi pimpinan puskesmas.

"Pelayan kesehatan tidak boleh berlaku seperti itu karena yang kami layani adalah manusia, bukan status sosialnya," tegasnya.
Pernyataan Harijaya ini menanggapi temuan anggota DPRD Mabar, Carolus Kapu, bahwa pelayanan asuransi kesehatan masyarakat miskin (Askeskin) di Lembor diduga bersifat diskriminatif. Sebab, pelayanan memrioritaskan warga yang tidak memiliki kartu askeskin.

"Banyak warga kurang mampu yang memiliki kartu askeskin mengeluhkan pelayanan ini setelah mereka pulang berobat di Puskesmas Wae Nakeng-Lembor," ujar Kapu di Labuan Bajo, Rabu (18/6/2008).*




Tidak ada komentar: