Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

TNK, ikon pariwisata Mabar

Spirit NTT, 23 - 30 Juni 2008

KUPANG, SPIRIT--Pemerintah Propinsi (Pemprop) Nusa Tenggara Timur (NTT) lebih menonjolkan ikon-ikon daerah untuk merangsang para wisatawan berkunjung ke daerah ini. Di Manggarai Barat, ikon pariwisatanya adalah Taman Nasional Komodo (TNK).

"Untuk sektor pariwisata ke depan, kami lebih menonjolkan ikon-ikon daerah seperti selancar di Nambrela Kabupaten Rote Ndao, dan panorama dasar laut di Kabupaten Alor yang terindah di dunia setelah Karibia," kata Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata NTT, Drs. Lens Haning, MM, di Kupang, Senin (16/6/2008).

Di Pulau Flores misalnya, ada danau tiga warna Kelimutu, pesta Reba di Ngada dan juga Taman Nasional Komodo (TNK) di Labuan Bajo, ujung barat Pulau Flores.

"Semua potensi pariwisata andalan akan ditata sedemikian rupa agar mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah NTT," katanya.

Dia yakin dengan potensi wisata yang dimiliki daerah ini, target kunjungan wisatawan ke NTT sebanyak 360 ribu orang dalam tahun 2008 ini bisa tercapai.

Tahun ini NTT menargetkan 360 ribu wisatawan. Jumlah ini terdiri dari 60 ribu wisatawan asing dan 300 ribu lainnya merupakan wisatawan nusantara.

"Kami yakin target ini bisa tercapai pada akhir tahun 2008 mendatang, karena selain kami menonjolkan ikon daerah, ada sejumlah 'event' pariwisata rutin di daerah ini, seperti Pasola di Sumba Barat, penangkapan ikan secara tradisional di Lembata dan juga ada Sail Indonesia Year 2008," katanya.

Pada tahun 2007, kata Lens, jumlah kunjungan wisatawan asing meningkat sebanyak 5.000 wisatawan dari target kunjungan sebanyak 280 ribu wisatawan.

Begitupun dengan wisatawan nusantara engalami kenaikan sekitar 30 ribu dari yang ditargetkan sebanyak 250 ribu orang.
Atas dasar itu, maka Pemerintah Provinsi NTT berkeyakinan bahwa target kunjungan wisatawan ke NTT sebanyak 360 ribu bisa tercapai. (ant)


Tidak ada komentar: