Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Wera Wutun ditetapkan sebagai obyek wisata

Laporan Martin Lau Nahak, Spirit NTT, 19-25 Mei 2008

LARANTUKA, SPIRIT--Pantai Wera Wutun sebagai salah satu pantai dengan panorama alam terindah di Desa Watohari, Kecamatan Solor Timur (Soltim), Pulau Solor, Kabupaten Flotim, dicanangkan sebagai obyek wisata di daerah itu.

Pencanangan itu dilanjutkan dengan pembangunan dan penataan lokasi secara sederhana selama sebulan sebagai perwujudan kegiatan bulan bakti gotong royong tingkat Kecamatan Solor Timur tahun 2008, mulai Rabu (7/5/2008).

Kegiatan awal yang dilakukan pada pencanangan itu, yakni pengukuran dan pematokan luas lokasi obyek wisata yang dibebaskan sepanjang 1 km lebih sepanjang Pantai Wera Wutun. Hadir pada kesempatan itu, para kepala UPTD dan staf di Kecamatan Soltim, para kepala desa dan ketua BPD serta anggota dan tokoh masyarakat di Kecamatan Soltim.

Camat Solor Timur, Ramly Lamanepa, S.Sos, mengatakan hal itu saat dihubungi di Menanga-Solor Timur, Kamis (15/5/2008). Menurut Ramly, tujuan pencanangan pembukaan obyek wisata baru Pantai Wera Wutun, selain sebagai obyek wisata yang indah dan menarik wisatawan ke Soltim, juga untuk menghidupkan sumber ekonomi baru yang mendatangkan pendapatan bagi warga Desa Watohari khususnya, dan warga Kecamatan Soltim umumnya.

Di lokasi obyek wisata itu, kata Ramly, akan dibangun dan dijual ikan bakar, kelapa muda, jagung titi dan buah-buahan serta jenis makanan ringan produk lokal dan hasil kerajinan tangan masyarakat yang bisa memberikan penghasilan. *

Pasir putih

PANTAI Wera Wutun, Desa Watohari, memesona. Indah.
Sepanjang pantai yang sebelumnya berupa hutan, kini tertata rapi. Keunikan Pantai Wera Wutun yang menarik, yakni datar dengan hamparan pasir putih yang memanjang luas.

Kepala Desa Watohari, Husen Gafur Songge, yang ditemui di kediamannya Jumat pekan lalu, mengatakan, desanya sangat potensial untuk obyek wisata laut. Sejauh ini obyek itu belum mendapat perhatian dari Pemkab Flotim.

"Saya berterima kasih kepada Camat Soltim, Ramly Lamanepa, karena pada kepemimpinannya bisa menjamah obyek wisata alam laut ini sebagai salah satu obyek wisata terindah di Soltim. Saya minta masyarakat memanfaatkan obyek wisata ini sebagai salah satu sumber ekonomi untuk memacu kesejahteraannya," pinta Husen.

Dia mengimbau masyarakatnya tetap memelihara sopan santun dan budaya setempat dalam menerima wisatawan. *