Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Pembangunan ruas jalan lintas utara terhenti

Laporan Oby Lewanmeru, Spirit NTT, 19-25 Mei 2008

LABUAN BAJO, SPIRIT-- Pengerjaan sejumlah proyek sistem swakelola di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) terhenti seperti di ruas jalan lintas utara jalur Kampung Lancang-Terang. Hal ini terjadi akibat kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) yang terjadi di daerah itu selama sepekan terakhir.

Kondisi ini diakui Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) Manggarai Barat, Ir. Petrus Lengo, ketika ditemui di kantornya, Sabtu, 17/5/2008).
Menurut Piet Lengo, kelangkaan BBM yang sudah terjadi di daerah ini mengakibatkan sejumlah proyek fisik yang dikerjakan secara swakelola sempat dihentikan. "Ada beberapa paket proyek yang kita kerjakan secara swakelola tampak terhenti. Ini bukan disengaja tapi karena kendala bahan bakar untuk operasional sangat terbatas," kata Lengo.

Dia merinci sejumlah paket proyek swakelola yang terhenti akibat ketiadaan BBM antara lain pengerjaan ruas jalan lintas utara, yakni jalur Kampung Lancang-Terang, Kecamatan Boleng dan reklamasi pantai di Labuan Bajo, serta beberapa paket lainnya.

Tentang besaran alokasi anggaran swakelola yang digunakan namun terhenti karena hambatan BBM, Piet Lengo yang didampingi KTU, Ir. Nahum Elia Letik, dan Kepala Bidang Bina Marga, Ir. Alexander Kelang, mengatakan nilai dana swakelola yang digunakan pada sejumlah paket sebesar Rp. 500 juta.

"Kelangkaan ini membuat pasokan BBM untuk kendaraan operasional jadi berkurang. Kalau normal jatah untuk kami sekitar 800 liter solar. Namun saat ini kami cuma dapat 200-300 liter sehingga tidak cukup untuk operasional. Karena itu sejumlah paket swakelola terhenti sementara," katanya. *

Tidak ada komentar: