Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Manajemen Hillers kembangkan pelayanan APIK

Laporan Novemy Leo, Spirit NTT, 19-25 Mei 2008

MAUMERE, SPIRIT--Rencana strategis (Renstra) lima tahun Rumah Sakit Umum (RSU) TC Hillers Maumere sudah tersusun setelah mendapat masukan dari semua komponen terkait. Karena itu, untuk meningkatkan pelayanan maksimal bagi masyarakat, manajemen akan berupaya mengembangkan prinsip nilai dasar APIK (akuntabel, profesional, integritas, kerja sama).

Model pelayanan APIK ini diharapkan bisa menjadikan rumah sakit ini disukai masyarakat di Sikka dan sekitarnya. Direktur RSU TC Hillers Maumere, dr. Asep Purnama, Sp.Pd, ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (16/5/2008), menjelaskan, Restra RSU telah disusun, dan hal ini merupakan visi misi RSU Maumere serta menjadi cara/medote prinsip bagi pelayanan rumah sakit kepada masyarakat (pasien).

Pelayanan RSU TC Hillers Maumere, yakni bagaimana mengembangkan nilai dasar dengan prinsip APIK dengan lima prinsip utama. Pertama, akuntabel, yakni sikap dan perilaku yang mengedepankan trasparansi dalam segala hal, terukur dan dapat dipertanggungjawabkan. Kedua, profesional, yakni sikap dan perilaku kerja yang menjujung tinggi etika dan standar profesi. "Setiap paramedis dan staf harus berusaha belajar dan mengembangkan potensi diri," kata Dokter Asep.

Ketiga, integritas, yakni sikap dan perilaku jujur dan terbuka, serta adanya kesatuan antara pikiran, ucapan dan perbuatan. Keempat, kerja sama, yakni sikap dan perlakuan yang sanggup bekerja sama dalam sebuah tim, menghargai perbedaan, keragaman serta kekurangan dan kelebihan orang lain.

Kelima, prinsip kasih. Artinya mengembangkan sikap dan perilaku yang senantiasa bersedia memberi bantuan dengan setulus hati dan bersedia melayani dengan ramah, hangat dan bersababat kepada semua lapisan masyarakat.

Lima prinsip dasar ini diharapkan mampu mewujudkan visi misi RSU Maumere yang dicintai dan dibanggakan masyarakat. "Artinya mampu menjadikan rumah sakit ini menjadi pilihan utama rujukan karena mampu memberikan pelayanan paripurna berkualitas prima," ujarnya.

Misi rumah sakit ini, yakni menyelenggarakan pelayanan kesehatan terintegrasi, paripurna dan berkualitas prima untuk masyarakat, meningkatkan kemampuan, etika dan profesionalisme SDM di rumah sakit.

Pada hari Sabtu (17/5/2008), para penderita diabetes melitus mengikuti acara bincang santai bersama sejumlah dokter di aula RSU Maumere. Malam hari pemutaran film mengenai HIV/AIDS di halaman parkir, dan Minggu (18/5/2008) misa bersama. Tanggal 20 Mei digelar jalan santai, lomba masak, bazar, donor darah dan fun game di RSU TC Hillers. *

Tidak ada komentar: