Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Tambah Stok Pangan, Tanam Kacang-kacangan

Laporan Okto Manehat, Spirit NTT, 14-20 April 2008

KALABAHI, SPIRIT -- Petani di Kabupaten Alor diminta menggunakan sisa musim hujan tahun ini untuk menanam kacang hijau dan jenis kacang lainnya untuk menambah stok pangan, selain padi dan jagung. Demikian Sekretaris Badan Bimas dan Penyuluh Pertanian Kabupaten Alor, Ir. Yohanis Francis, saat ditemui di Kalabahi, Senin (7/4/2008). Francis menjelaskan, sesuai informasi cuaca yang diterimanya, hujan di Alor di atas normal.

Diperkirakan sampai bulan Mei masih terjadi hujan sehingga petani bisa memanfaatkan sisa hujan yang ada untuk menanam kacang-kacangan.
"Kalau yang sudah panen kacang hijau, dapat tanam lagi karena pertumbuhannya akan baik sebab masih ada hujan," katanya.
Menurut Francis, pihaknya menganjurkan hal itu karena kacang hijau usianya pendek dan tidak banyak membutuhkan air. Apabila petani memanfaatkan sisa musim hujan, dengan menanam jagung atau padi ladang, maka tipis kemungkinan untuk berhasil.
"Saya minta PPL mengarahkan petani dengan menanam kacang-kacagan sehingga membuahkan hasil untuk menambah stok pangan. Apalagi dari hasil panen padi dan jagung belum lama ini, terjadi penurunan produksi akibat bencana maupun serangan hama tikus," ujar Francis.
Francis juga mengingatkan petani yang belum memanen jagung di ladang agar segera panen agar tidak rusak direndam air hujan.
"Saya pantau di sejumlah wilayah masih ada petani yang belum panen jagungnya, padahal sudah kering. Saya sarankan jangan dibiarkan lama karena terus-menerus kena air hujan maka jagung tidak akan tahan lama," tandas Francis. *

Tidak ada komentar: