Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Jalan Ranggawatu-Bambor rusak parah

Laporan Oby Lewanmeru, Spirit NTT, 7-13 April 2008

LABUAN BAJO, SPIRIT--Sedikitnya terdapat 106 titik kerusakan pada ruas jalan negara mulai dari Labuan Bajo hingga Desa Nampar Macing. Titik kerusakan terparah pada jalur Ranggawatu-Bambor hingga perbatasan Nampar Macing. Titik kerusakan ini tidak termasuk kerusakan ringan yang menyebabkan gangguan arus trasnportasi dan kemacetan.
Pantauan SPIRIT NTT, Rabu (2/2/2008), sepanjang jalur ini terdapat lubang tak beraturan dan keretakan jalan sehingga arus lalu lintas sepanjang jalan ini terganggu.


Bahkan sepanjang jalan para pengendara maupun pengemudi harus ekstra hati-hati sebab kerusakan titik jalan kebanyakan berada pada posisi tikungan tajam, pada tanjakan dan di ruas menurun.
Ruas jalan yang mengalami kerusakan mulai dari Kaper Desa Golo Bilas, Kecamatan Komodo sekitar dua ratusan meter dari Kantor Dinas Pekerjaan Umum Manggarai Barat. Memasuki Kampung Marombok, kondisi paling parah sekitar depan Rumah Sakit Umum Labuan Bajo yang sementara dibangun.
Pada ruas jalan ini terjadi lubang tidak beraturan dan terjadi penurunan aspal atau tanah. Diduga kendaraan yang melewati jalur itu bermuatan berat, apalagi di musim hujan. Kondisi yang sama di depan penjualan air tangki di Kampung Marombok. Jumlah kerusakan hingga Terminal Nggorang mencapai 27 titik rusak.
Memasuki Desa Liang Ndara, Kecamatan Sano Nggoang juga terdapat kerusakan jalan cukup parah, dan rata-rata kerusakannya pada posisi tanjakan dan tikungan. Hingga Jembatan Wae Lia, jumlah titik kerusakan mencapai 61 titik. Di ruas jalan sekitar pemancar Telkom Puarlolo, jalan cukup bagus beberapa kilometer hingga Desa Golo Desat. Kerusakan mulai terlihat di pertigaan menuju Noa atau menuju SMP Tondong Raja. Kerusakan di jalur ini cukup panjang dan rata-rata aspalnya terangkat. Di sekitar lokasi ini sedang dilakukan pekerjaan rehabilitasi.
Memasuki sekitar jalur Golo Tantong beberapa kilometer ke Jembatan Wae Sapo terjadi kerusakan yang parah sehingga mengganggu arus lalu lintas. Kerusakan jalan terakhir terlihat di depan Kantor Desa Nampar Macing hingga pertigaan menuju Puskud. Kondisi jalan cukup bagus pada ruas mulai dari Kampung Dahot memasuki Malawatar, Kecamatan Lembor. *

Tidak ada komentar: