Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Jabatan bukan untuk caci maki anak buah

Spirit NTT, 21-27 April 2008

KUPANG, SPIRIT--Wakil Gubernur (Wagub) NTT, Drs. Frans Lebu Raya, menegaskan, jabatan yang melekat pada diri seorang pejabat bukan untuk mencaci maki atau untuk memarahi anak buah. Hal ini benar-benar terjadi karena banyak SMS ditujukan kepadanya memberitahukan pejabat yang bertingkah demikian.
"Pemimpin harus bertindak sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa yang dapat memberikan teladan rohani secara baik dengan landasan iman dan cinta kasih," ujar Wakil Gubernur (Wagub) NTT, Drs. Frans Lebu Raya, ketika melantik para pejabat eselon II, III, dan IV lingkup Pemerintah Propinsi (Pemprop) NTT, di sayap kanan Aula El Tari-Kupang, Jumat (11/4/2008). Pelantikan ini dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD NTT, Hendrik Markus, dan para pimpinan SKPD NTT, segenap insan pers, media cetak maupun elektronik.

Dibuka dengan lantunan dua buah lagu oleh paduan suara Departemen Agama NTT, acara pelantikan berlangsung hikmat. Yang dilantik adalah tujuh pejabat eselon II, lima pejabat eselon III dan enam eselon IV.
Pejabat yang dilantik adalah Asisten III Bidang Kesejahteraan Sosial, Ir. Beny Ndoenboey, M.Si, dimutasikan ke tempat yang baru sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Propinsi NTT. Posisinya digantikan Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (BADIKLAT) Propinsi NTT, Drs. Simon P Messah, M. Si.
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BALITBANGDA) NTT, George Paulus, M.A., PP.Sc., menempati posisi baru sebagai Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (BADIKLAT) NTT. Sementara Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda Propinsi NTT, John Hawula, S.H., M.Si, dilantik menjadi Kepala Satuan Polisi Pamong Praja.
Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD), Drs. John Neno, menempati posisi baru sebagai Kepala Badan Pengawas Propinsi NTT, sedangkan posisi yang ditinggalkan ditempati Kepala Biro Pemerintahan Desa, Drs. Andreas Jehalu, M.Si.
Pelantikan pejabat eselon III dan IV kali ini, lebih diutamakan untuk mengisi jabatan-jabatan baru pada Satuan Polisi Pamong Praja.
Pelantikan yang paling signifikan terjadi pada Kepala Satpol PP, yang merupakan era baru dan pertama di lingkup Pemprop NTT, dimana selama ini tergabung dan dibawah kendali Kepala Biro Tata Pemerintahan, kini sudah memiliki kantor dan pemimpinnya sendiri. Hal ini semakin menegaskan eksistensi dan jatidiri SATPOL PP.
Pelantikan Sekretaris DPRD NTT, Drs. Ma'mun Mahmud merupakan satu di antaranya yang cukup lama lowong, sejak meninggalnya alm Drs. Anton Pali Osa, M.Si.
Dalam pidatonya, Wagub Frans Lebu Raya, mengatakan, dalam era globalisasi yang ditandai dengan cepatnya perkembangan ilmu pengatahuan dan teknologi serta untuk mencapai efektivitas dan efisiensi dalam penyelenggaraan tugas pemerintahan, tidak ada pilihan yang lebih penting dari upaya peningkatan kualitas profesionalisme Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memiliki kemampuan kompetitif dengan teguh etika birokrasi memberikan pelayanan yang sesuai dengan tingkat kepuasan masyarakat.
Kualitas profesional PNS, lanjut Lebu Raya, khususnya yang diangkat dalam jabatan struktural mengisyaratkan adanya kompetensi, yaitu kemampuan dan perilaku, serta hendaknya memenuhi persyaratan kualifikasi dan tingkat pendidikan yang ditentukan setiap pejabat termasuk eselon II.
Citra aparatur di mata masyarakat, kata Lebu Raya, sangat ditentukan oleh sejauh mana penghayatan etis mereka yang tercermin dalam tingkah laku sehari-hari.
"Aparatur pemerintah seyogyanya menjadikan dirinya sebagai teladan didalam pelaksanaan etika, hukum dan konstitusi, pada saat yang bersamaan memiliki iman yang teguh dan acuan moral yang tinggi sebagai karakter seorang pemimpin," ujarnya. (baky/humas dprd ntt)

PEJABAT ESELON II YANG DILANTIK

* Ir. Beny Ndoenboey, M.Si
- Jabatan lama: Asisten III Bidang Kesejahteraan Sosial Setda Propinsi NTT.
- Jabatan baru: Kepala BAPPEDA NTT.

* Drs. Simon P Messah, M.Si
- Jabatan lama : Kepala BADIKLAT Propinsi NTT.
- Jabatan baru: Asisten III Bidang Kesejahteraan Sosial Setda NTT

* George Paulus
- Jabatan lama: Kepala BALITBANGDA Propinsi NTT.
- Jabatan baru: Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Propinsi NTT.

* John Hawula, S.H, M.Si
- Jabatan lama: Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda Propinsi NTT
- Jabatan baru: Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Setda Propinsi NTT

* Drs. John Neno
- Jabatan lama: Kepala BPMD Propinsi NTT
- Jabatan baru: Kepala Banwas Propinsi NTT

* Drs. Andreas Jehalu, M.Si
- Jabatan lama: Kepala Biro Pemerintahan Desa Propinsi NTT
- Jabatan baru: Kepala BPMD Propinsi NTT

* Drs. Ma'mun Mahmud
- Jabatan lama: Kepala Bagian Umum Setwan Propinsi NTT/Plh. Sekretaris DPRD NTT
- Jabatan baru: Sekretaris DPRD NTT (pascal/humas dprd ntt)


Tidak ada komentar: