Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Warga Pulau Semau diserang ispa

Spirit NTT, 3-9 Maret 2008

KUPANG, SPIRIT--Perubahan cuaca dari musim panas ke musim hujan sering berdampak pada mewabahnya penyakit seperti yang dialami oleh masyarakat Kecamatan Sulamu.
Selama bulan Januari dan Februari 2008 dari total 1.888 perkunjungan warga Semau ke puskesmas setempat tercatat berbagai keluhan penyakit. Namun yang dominan menyerang warga setempat adalah penyakit infeksi penapasan akut (ispa) atau 60 persen ari total perkunjungan atau 1.133 orang adalah pasien ispa.
Hal ini diungkapkan salah seorang staf Puskesmas Sulamu, Siprianus Klau, saat diwawancarai SPIRIT NTT di Puskesmas Sulamu, 19 Februari 2008.
Dalam kehidupan, katanya, masyarakat menginginkan suatu kehidupan yang penuh damai tanpa diganggu oleh sesuatu hal yang menghambat aktifvitas setiap hari, termasuk perubahan musim atau cuaca.
Untuk mencegah penyakit yang sering dialami dan diderita oleh masyarakat Sulamu, kata Klau,
petugas kesehatan bersama dengan masyarakat secara terpadu mengadakan penyuluhan kepada masyarakat untuk selalu membersihkan lingkungan tempat tinggal sehingga mengurangi tempat bagi nyamuk untuk bersarang.
Klau meminta masyarakat agar selalu waspada terhadap segala kondisi yang dapat menimbulkan penyakit, terutama pada musim hujan seperti saat ini.
Dia mengimbau masyarakat agar selalu melindungi diri dan keluarga dari segala situasi, kondisi dan penyakit. (humas Kab. Kupang)

Tidak ada komentar: