Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Ponu jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi TTU

Laporan Julianus Akoit, Spirit NTT, 3-9 Maret 2008

KEFAMENANU, SPIRIT-- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Timor Tengah Utara (TTU) akan menjadikan Ponu, Kecamatan Biboki Anleu, sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dan industri. Hal ini direalisasikan pada tahun anggaran 2008-2017 dengan membangun Ponu menjadi Kota Terpadu Mandiri (KTM) di kawasan pantai utara, pada tahun anggaran 2008-2017.
Program ini sudah disetujui dan dicanangkan Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Depnakertrans) di Jakarta, Senin (18/2/2008) lalu.
Demikian dijelaskan Kadis Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan (Nakertransduk) Kabupaten TTU, Drs. Fredy Meol, kepada wartawan di Kantor Bupati TTU, Selasa (26/2/2008). "Secara prinsipiil Departemen Nakertrans di Jakarta sudah menyetujui, bahkan mencanangkan untuk membangun Kota Terpadu Mandiri Ponu di Kecamatan Biboki Anleu," jelas Meol.
Sebelum membuat keputusan menyetujui dan mencanangkan dimulainya pembangunan KTM Ponu, lanjut Meol, Bupati TTU, Drs. Gabriel Manek, M.Si, melakukan presentasi rencana program ini di hadapan Dirjen Pembangunan dan Pengembangan Masyarakat Kawasan Transmigrasi (P2MKT), Ir. Joko Sidik Pramono serta para staf ahli, di Kantor Departemen Nakertrans di Jakarta, Senin (18/2/2008) lalu.
Presentasi program ini dihadiri Dirjen P2MKT, staf ahli menteri pengembangan bidang otonomi daerah, staf ahli menteri Nakertrans, staf ahli dari departemen terkait, seperti Kesehatan, Pertanian, Peternakan, Pendidikan, Industri, Koperasi dan UKM. Sedangkan dari daerah hadir utusan pejabat Pemkab TTU dan DPRD TTU serta pejabat Pemprop NTT di Kupang.
Ditanya wartawan tentang program KTM Ponu, Meol menjelaskan bahwa KTM Ponu adalah program untuk membangun sebuah kota mandiri yang merupakan pusat kegiatan dan pengembangan perikanan, pertanian, peternakan, kehutanan, perkebunan dan pariwisata bahari. "Kelak KTM Ponu menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi industri baru di kawasan pantai utara didukung Unit Permukiman Transmigrasi (UPT) yang berkembang pesat. Kelak menjadi satu aset yang memberikan kontribusi besar bagi pembangunan di Kabupaten TTU yang ditandai dengan penyerapan tenaga kerja dalam jumlah besar," jelas Meol.
Dikatakannya, wilayah pusat KTM Ponu di Kelurahan Ponu mencapai luasan 2.000 hektar. Sedangkan wilayah pengaruh KTM Ponu mencakup daerah hiterland sejumlah desa dan kelurahan dengan luasan sekitar 662.220 hektar.*
Tiga Kawasan Pengembangan KTM Ponu
* Satuan Kawasan Pemukiman (SKP) I Ponu sebagai pusat KTM didukung kegiatan pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan, pariwisata, industri, dan fasilitas penunjang KTM
* Satuan Kawasan Pemukiman (SKP) II Mena sebagai pusat pengembangan pertanian (agropolitan) peternakan, perikanan, pengembangan pemukiman transmigrasi serta kehutanan
* Satuan Kawasab Pemukiman (SKP) III Wini sebagai fungsi utama kota satelit untuk pemukiman perkotaan, pelabuhan, pegembangan perikanan, industri, peternakan dan lahan kering.

Tidak ada komentar: