Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Tanah prona dan SMS disertifikasi

Laporan Thomas Duran, Spirit NTT, 24-30 Maret 2008

SIKUMANA, SPIRIT--Sebanyak 100 bidang tanah milik warga Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, siap disertifikasi. Ke-100 bidang tanah ini terdiri dari proyek nasional (prona) dan program sertifikasi massal swadaya (SMS).
Informasi ini disampaikan Lurah Sikumana, Ferdy Haning, S.Sos, kepada SPIRIT NTT di ruang kerjanya, Selasa (25/3/2008). Program sertifikasi tanah untuk tahun anggaran 2008 ini, menurut Haning, semuanya sudah didaftarkan oleh masing-masing pemilik. Mereka, kata Haning, memasukkan semua data sesuai persyaratan ke kantor lurah.
Haning juga mengatakan, saat ini tinggal menunggu sosialisasi dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Kupang yang direncanakan bulan April 2008 nanti. "Setelah sosialisasi baru dilakukan pengukuran tanah secara keselurahan," katanya.
Haning menjelaskan, program prona hanya untuk kepala keluarga (KK) miskin di Kelurahan Sikumana. Sedangkan program SMS, menurut dia, berlaku untuk masyarakat umum. Selain warga Kelurahan Sikumana, juga diberikan kesempatan kepada warga dari kelurahan lain yang memiliki tanah di Kelurahan Sikumana.
Menurut dia, semua biaya administrasi dibebankan kepada pemilik tanah dan akan ditetapkan saat sosialisasi nanti.
Menurut dia, tidak tertutup kemungkinan untuk program prona, ada beberapa KK miskin mendapat perlakuan khusus dengan membebaskan biaya administrasi karena yang bersangkutan betul-betul tidak mampu, baik secara ekonomi maupun fisik. *

Tidak ada komentar: