Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Selan: Pilkades utamakan demokrasi

Spirit NTT, 24-30 Maret 2008

SOE, SPIRIT--Camat Amanatun Selatan, Roby Selan, S.Sos, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Amanatun Selatan, Reginaldis S Selan-Sonbai, mengatakan, yang diutamakan dalam pemilihan kepala desa (pilkades) adalah demokrasi sebagai cerminan kebersamaan di pedesaan.
Selan mengatakan hal ini ketika menghadiri Pilkades Desa Anin di kantor desa itu, Kamis (6/3/2008). Selan mengatakan, pilkades merupakan momen untuk menegakkan demokrasi dalam penyelenggaraan sistem pemerintahan desa sesuai amanat undang-undang dan peraturan daerah.
Selan mengajak warga Desa Anin untuk merefleksi perjalanan sejarah desa itu, sebelum memberikan hak pilihnya. Desa Anin sejak dahulu sangat dikenal dari berbagai aspek dan kegiatan kemasyarakatan, kini terkesan semakin pudar. Hal ini disebabkan kurangnya persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat, yang berimplikasi pada menurunnya kreativitas untuk mendukung aparat di Desa Anin.
Faktor lainnya selama setahun Desa Anin tidak mempunyai kepala desa definitif sehingga menyulitkan masyarakat dalam pelayanan rutin di desa.
Selan berharap agar calon terpilih setelah masyarakat memberikan hak suaranya agar menerima tugas dan tanggung jawab sebagai suatu amanat kehormatan, bersikap jujur, terbuka dan selalu menempatkan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi atau golongan. "Bagi yang tidak terpilih agar berjiwa besar serta menyumbangkan tenaga dan pikirannya untuk masyarakat Desa Anin," tegasnya.
Warga Desa Anin, Hendrikus O Liu, menginformasikan jumlah peserta pemilih yang mengikuti pilkades sebanyak 387 orang, namun yang hadir memberi hak suaranya sebanyak 645 orang. Mereka memilih dua orang calon Kepala Desa Anin yaitu Cornelis Kasse, A.MA dan Gadrimon A. Banunaek, S.H.
Dalam pemilihan Cornelis Kasse, A.MA unggul atas Gadrimon A Banunaek, S.H dengan selisih suara 446 suara berbanding 208 suara. Dengan demikian Cornelis Kasse, A.MA terpilih sebagai Kepala Desa Anin periode 2008-2012.
Usai pemilihan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pemilihan dan langsung diserahkan kepada Camat Amanatun Selatan untuk proses selanjutnya. Pemilihan Kepala Desa Anin disaksikan oleh camat dan Kapolsek Amanatun Selatan, Pol PP Kecamatan Amanatun Selatan, Kepala Cabang Dinas P dan K Kecamatan KiE dan Kecamatan Oinlasi, Kepala Puskesmas, tokoh agama dan tokoh masyarakat .(nenotek/edy/humas pemkab tts)

Tidak ada komentar: