Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Sekcam jangan abaikan tugas pokok

Laporan Okto Manehat, Spirit NTT, 10-16 Maret 2008

KALABAHI, SPIRIT--Bupati Alor, Ir. Ans Takalapeta, mengingatkan para sekretaris kecamatan (sekcam) di daerah itu agar tidak mengabaikan atau meninggalkan tugas pokok dalam pelayanan kemasyarakatan.
Peringatan Bupati Takalapeta ini mengemuka karena sebanyak 17 sekcam di kabupaten itu menduduki jabatan rangkap sebagai sekretaris panitia pemungutan kecamatan (PPK) sejak dilantik Sabtu (8/3/2008). "17 Sekcam ini harus pandai mengatur waktu sehingga dua jabatan itu seiring sejalan tanpa ada yang dikorbankan," ujar Takalapeta.
Takalapeta mengatakan, pemilu merupakan perhelatan negara yang menjadi tanggung jawab pemerintah. Untuk memperlancar kegiatan itu, maka dilantik para sekcam menjabat sekretaris PPK dalam menyukseskan pemilihan umum Gubernur dan Wakil Gubernur NTT serta Bupati dan Wakil Bupati Alor.
Menurut Takalapeta, sebenarnya tidak harus sekcam, tapi ada pertimbangan strategis sehingga para sekcam diberi tugas dan tanggungjawab lebih sebagai sekretaris PPK. Dia menyebutkan, sekcam telah memahami pola pengelolaan keuangan dan juga sebagai aparatur yang netral.
Takalapeta mengatakan, pelantikan sekcam sebagai sekretaris PPK untuk urusan pilkada sudah terlambat, tapi untuk kelengkapan lembaga pelaksana pemilu, mau tak mau harus diangkat pejabat pemerintah menempatinya.
Dia menyarankan sekcam selalu berada di wilayah kerja sehingga efektif menjalankan tugas sebagai sekcam dan sekretaris PPK. Sekcam perlu menyiapkan segala macam kebutuhan untuk menyukseskan rapat kerja daerah (rakerda) PPK yang harus segera dilaksanakan. Dalam menjalankan tugas sebagai sekretaris PPK, kata Takalapeta, sekcam segera melakukan supervisi dan monitoring pembentukan tempat pemungutan suara (TPS), pendaftaran pemilih tetap dan berbagai tugas lainnya.
Para camat diharapkan mengerti dengan tugas sekcam yang merangkap sebagai sekretaris PPK dan segera menunjuk staf untuk membantu tugas-tugas sekcam tersebut. Takalapeta mengingatkan camat yang sering meninggalkan tempat tugas dan selalu berada di Kalabahi.
Dengan intesitas tugas menjelang pilkada, kata Takalapeta, camat harus selalu berada di tempat tugas. Camat juga harus memperhatikan keindahan dan tata ruang kota menyongsong pilkada. *

Tidak ada komentar: