Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Jelang UN, Dikbud Flotim sosialisasikan Permendiknas 342

Laporan Martin Lau, Spirit NTT, 3-9 Maret 2008
LARANTUKA, SPIRIT-- Menyukseskan ujian nasional (UN) tahun ajaran 2008, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Flores Timur (Flotim) menggelar sosialisasi Permendiknas No. 342.2007 tentang Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMP dan SMA/MA/SMK dan Permendiknas No. 9/2007 tentang ujian akhir berstandar nasional untuk tingkat SD. Sosialisasi ini dilakukan sejak awal Januari 2008.
Sementara itu, sebanyak 4.561 siswa kelas tiga Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Flores Timur (Flotim) telah mendaftar sebagai peserta tetap, dan mereka siap mengikuti ujian nasional (UN) tahun 2008.
Kepala Bidang (Kabid) Kurikulum dan Bina Prrogam PLS Dinas Dikbud Flotim, Plasisus Fernandes, S.E, membenarkan hal ini ketika dihubungi SPIRIT NTT di ruang kerjanya, Rabu (27/2/2007).
Menyoal persiapan sekolah SD, SMP dan SMA yang siswanya menjadi peserta UN 2008, Plasidus antara lain melaksanakan les ekstra pelajaran pada sore hari di luar jam sekolah. Materi pelajaran yang disajikan, yakni penyelesaian soal yang berfokus pada sistem kompetensi yang ditentukan badan standar nasional pendidikan/BSNP.
"Sebab materi ujian diambil dari kurikulum 1994, 2004 dan kurikulum tingkat satuan pendidikan 2006. Flotim optimis UN tahun ini akan lebih baik," ujar Diston.
Selain itu, kata Diston, sekolah di Flotim juga melakukan latihan menghitamkan lembaran jawaban komputer. "Peserta UN 2008 dinyatakan lulus bila mempunyai rata-rata minimal 5,25 untuk nilai rata-rata pelajaran UN yang ditunjukkan dengan tidak ada nilai di bawah 4,25. Untuk SMK rata-rata pelajaran kompetensi keahlian minimal 7,000. Sedangkan syarat untuk tamat/lulus satuan pendidikan siswa SMP dan SMA harus lulus UN dan juga lulus ujian sekolah yang ditentukan pihak sekolah dengan mengacu pada ketentuan standar nilai kelulusan tidak boleh lebih rendah dari nilai UN," jelasnya.
Kepala SMK Lamaholot, Rofinus B Doren, ditemui di Dinas Dikbud Flotim, menjelaskan, siswa di sekolahnya saat ini 252 orang. Siswa kelas tiga peserta UN tahun 2008 sebanyak 68 orang pada jurusan administrasi perkantoran dan akutansi. "Kami pakai strategi para guru membuat rangkuman bahan pelajaran baik untuk ujian sekolah maupun UN, serta melaksanakan les sore secara ketat dengan kontrol orangtua," tegasnya. *
Peserta UN di Flotim
* SMP 2.984 siswa (58 sekolah)
* SMA 1.240 siswa (15 sekolah)
* SMK 328 siswa (4 sekolah)


Kelas VI ikut USBN

KEPALA Bidang (Kabid) Kurikulum dan Bina Program Pendidikan Luar sekolah (PLS) Dinas Dikbud Kabupaten Flores Timur (Flotim), Plasidus Fernandez, S.E, Selasa (26/2/2008) mengatakan, untuk tahun ajaran 2008 siswa kelas enam sekolah dasar (SD) dan madrasah Ibtidayah (MI) di Flotim akan mengikuti ujian sekolah berstandar nasional (US/BN) membut beban dan memberatkan tanggung jawab Dinas Dibud Kabupaten Flotim.
Untuk itu, peserta US/BN untuk 279 SD/MI termasuk sekolah dasar luar biasa/SDLB dengan jumlah 4.661 siswa dengan rincian 260 sekolah dengan siswa peserta US/BN 4.449 siswa 18 MI dengan jumlah siswa US/BN 203 dan SDLB satu sekolah dengan 9 siswa. *

Tidak ada komentar: