Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Belu dapat jatah 105 unit PLTS

Laporan Edy Hayong, Spirit NTT, 3-9 Maret 2008

ATAMBUA, SPIRIT--Masyarakat Kabupaten Belu dalam tahun 2008 akan mendapat jatah 105 unit pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dari Kementerian Percepatan Daerah Tertinggal (PDT). Jatah PLTS ini sebagai kelanjutan dari bantuan yang sudah diberikan sejak tahun 2004 hingga saat ini.
Asisten Deputi Khusus Infrastruktur Energi Kementerian PDT, Charli Simanjuntak mengatakan itu kepada wartawan di sela-sela pembukaan pelatihan bagi 139 tenaga teknis PLTS angkatan III di Hotel Nusantara II-Atambua, Selasa (4/3/2008). Hadir saat itu Bupati Belu, Drs. Joachim Lopez, Wakil Bupati, drg. Gregorius Mau Bili, Ketua DPRD Belu, Gabriel Dermawan dan sejumlah pejabat pemerintah.
Simanjuntak menjelaskan, pemerintah pusat melalui Kementerian PDT sejak empat tahun lalu memperhatikan persoalan kelistrikan di wilayah tertinggal di seluruh Indonesia. Hampir di setiap daerah keluhan soal listrik menjadi permasalahan serius.
Terhadap kondisi ini, kata Simanjuntak, Kementrian PDT mencoba memberikan solusi agar dipikirkan menghadirkan program PLTS. Untuk itu, lanjutnya, sejak tahun 2004 ada program PLTS bagi masyarakat di wilayah tertinggal di seluruh Indonesia. Dari 109 kabupaten di Indonesia, salah satu wilayah yang mendapatkan program PLTS adalah Kabupaten Belu.
"Kabupaten Belu merupakan daerah yang menjadi titik perhatian Kementrian PDT apalagi letaknya di daerah perbatasan. Makanya selama beberapa tahun belakangan ini wilayah ini terus mendapatkan jatah program PLTS. Untuk tahun 2008 kita rencanakan akan mengalokasikan 105 unit PLTS bagi wilayah ini," jelasnya.
Simanjuntak berharap program yang sudah diturunkan untuk membantu masyarakat hendaknya dijaga dan dirawat. Program PLTS ini akan terus berlanjut manakala antara masyarakat dan pemerintah saling mendukung dengan merawat secara baik PLTS.
Perhatikan Belu
Sementara Bupati Belu, Joachim Lopez mengatakan, Pemerintah Kabupaten Belu berterima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kementerian PDT yang terus memperhatikan wilayah Belu dengan bantuan program PLTS. Ke depan pemerintah masih terus mengharapkan program ini terus berlanjut karena wilayah pedesaan sangat membutuhkan PLTS.
"Kami sambut baik program PLTS ini. Sejak tahun 2004-2007 sudah 2.378 unit PLTS yang kita pasang di beberapa wilayah pedesaan yang tersebar di sejumlah kecamatan. Kita sudah mendapat sinyal dari pusat bahwa dalam tahun 2008 akan ada lagi bantuan PLTS," ujarnya.
Joachim Lopez mengimbau para teknisi yang mendapat pelatihan dari tim teknis pemasangan PLTS untuk mengikuti secara serius segala petunjuk termasuk melakukan perawatan rutin di lapangan. Dengan begitu, program PLTS ini kedepan terus masuk ke wilayah Belu. *

Tidak ada komentar: