Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Tim Dikbud TTS periksa penerima DPEB

Laporan Muhlis al Alawi, Spirit NTT 18-24 Februari 2008

SOE, SPIRIT--Tim monitoring dan evaluasi (Monev) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) segera turun melakukan pemeriksaan terhadap sekolah penerima dana DPEB (Decentralized Basic Education Project). Pemeriksaan dilakukan untuk mengecek administrasi sekolah penerima dana tersebut.
Penanggung jawab Monev DPEB, Yes Boymau, A.Md, S.Th, mengatakan hal itu saat ditemui di SoE, Sabtu (9/2/2008) siang. Boymau mengatakan, sekolah penerima dana DPEB di TTS sebanyak 317 sekolah untuk tingkat pendidikan SD dan SMP. "Untuk pemeriksaannya kami akan mengambil sampel 20 persen atau sekitar 63 sekolah yang tersebar di seluruh kecamatan di TTS. Pemeriksaan akan dilakukan tim yang terdiri 12 orang selama satu bulan untuk setiap triwulannya," kata Boymau.
Menurutnya, tim monev yang dilakukannya dalam pemeriksaan penerima dana DPEB bersifat internal. Selain meneliti administrasi, tim monev juga membina sekolah penerima dana DPEB agar pengelolaan keuangannya sesuai yang diharapkan. "Sasaran dalam monev kali ini yakni terkait penggunaan dana pengembangan sekolah," ujarnya.
Dia mengakui peran monev sangat penting agar pengelolaan dana bantuan Asian Development Bank (ADB) sesuai dengan peruntukkannya. Menurutnya, hasil pemeriksaan sebelumnya menunjukkan masih banyaknya pengelola sekolah yang melakukan kesalahan administrasi.
Kesalahan itu, lanjut Boymau, terjadi lantaran sumber daya manusia (SDM) di sekolah masih minim. Ssistem administrasi dan pelaporan pengelolaan keuangan DPEB membutuhkan SDM yang mengerti tentang akuntansi. "Terhadap persoalan ini, pimpinan bagian proyek DPEB telah melakukan pelatihan pengelolaan keuangan bagi sekolah di tingkat kabupaten," ujar Boymau sambil menegaskan timnya juga akan memeriksa kinerja tim manajemen berbasis sekolah di tingkat kecamatan. *

Tidak ada komentar: