Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

PTB Ojang diresmikan Wagub NTT

Spirit NTT 18-24 Februari 2008

MAUMERE, SPIRIT--Wakil Gubernur (Wagub) NTT, Drs. Frans Lebu Raya, meresmikan Permukiman Transmigrasi Baru (PTB) di Desa Ojang, Kecamatan Talibura, Selasa (5/2/2008). PTB ini merupakan daerah transmigrasi lokal (traslok) yang dikerjakan sejak tahun 2007 lalu.
Dalam arahannya sebelum menandatangani prasasti, Lebu Raya mengajak masyarakat Sikka untuk menjaga kelestarian alam, dan memanfaatkan potensi alam yang ada secara maksimal untuk meningatkan ekonomi keluarga, namun dengan tetap memperhatikan kelestarian hutan dan air.
Kepada 100 kepala keluarga (KK) yang menghuni translok setempat, Lebu Raya mengingatkan agar membuka peluang usaha baru serta menghilangkan budaya membuka lahan pertanian dengan pola tebas bakar.
"Membuka ladang dengan cara tebas bakar merupakan cara berkebun tradisional. Cara ini berpengaruh besar terhadap kelestarian hutan dan berdampak pada mengeringnya sumber mata air ada di wilayah ini. Saya mengajak masyarakat untuk mengolah lahan pertanian dengan tetap menjaga kelestarian hutan. Dengan demikian anak cucu kita ke depannya tidak mengalami krisis air bersih," ujarnya.
Bupati Sikka, Drs. Alexander Longginus, saat menyampaikan sekapur sirih mengharapkan agar masyarakat yang menghuni lokasi Permukiman Transmigrasi Baru tetap menjaga keharmonisan dan tali persaudaraan yang sudah terpelihara secara baik selama ini. "Berbagai fasilitas yang ada harus dijaga dan dirawat. Dengan cara itu masyarakat telah menunjukkan partisipasinya dalam melaksanakan pembangunan di Sikka," pesannya.
Usai meresmikan PBT, Lebu Raya menyerahkan bantuan, antara lain tiga ton beras dan buku bacaan kepada masyarakat di Transmigrasi Ojang. Juga secara simbolis juga menyerahkan kartu tanda warga transmigrasi. Lebu Raya pun meninjau rumah warga dan fasilitas bangunan yang ada. (djo/humas Sikka)

Tidak ada komentar: