Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Cegah hama cendana, tanam pohon nimba

Laporan Okto Manehat, Spirit NTT 4-10 Februari 2008

KALABAHI, SPIRIT--Kepala Dinas Kehutanan Alor, Drs. RJS Huan, memrogramkan menanam pohon nimba sebagai salah satu langkah pencegahan untuk mengatasi hama tanaman cendana yang kini menyerang daerah itu.
Kini, sejumlah petugas Bidang Perlindungan Hutan Dinas Kehutanan (Dishut) Alor diturunkan ke kawasan hutan cendana di Puncak Omtel, Kabupaten Alor untuk mengidentifikasi jenis hama yang menyerang 1.000 lebih tanaman cendana yang dikembangkan di hutan tersebut.
Tindakan ini menyusul serangan hama terhadap tanaman cendana yang telah berusia dua tahun yang dikembangkan di kawasan hutan itu sehingga meranggas dan terancam mati.
Untuk diketahui, dikawasan Hutan Omtel pada bulan Desember 2006 dilakukan pencanangan program Indonesia Menanam oleh Menteri Kehutanan, MS Kaban. Saat itu secara simbolis menteri kehutanan melakukan penanaman anakan cendana. Anakan cendana yang ditanam ini ikut terserang hama.
Huan yang dikonfirmasi SPIRIT NTT di Kalabahi, Jumat (1/2/2008), menjelaskan, pihaknya sudah memantau ke lokasi diikuti dengan menurunkan petugas bidang perlindungan hutan untuk mengidentifikasi jenis hama yang menyerang tanaman itu.
Dari hasil identifikasi, kata Huan, pihaknya segera berkoordinasi dengan Balai Penelitian Kehutanan Kupang untuk sama-sama ke lokasi untuk melalukan pengamatan lebih cermat. Dari pengamatan ini akan diambil sampel untuk dibawa ke Kupang Balai Penelitian Kehutanan akan melakukan pengujian di laboratorium untuk diketahui jenis hama lalu diambil langkah penanganan secara teknis.*

Tidak ada komentar: