Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Bupati TTU serahkan bantuan PNPM

Laporan Akoit Julianus, Spirit NTT 4-10 Februari 2008
KEFAMENANU, SPIRIT--Bupati Timor Tengah Utara (TTU), Drs. Gabriel Manek, M.Si, menyerahkan secara simbolis bantuan untuk para siswa SD/MI dan SLTP/MTs dalam wilayah Kecamatan Kota Kefamenanu di gedung SDN Kenari, Selasa (29/1/2008) siang. Bantuan ini disalurkan Program Pengembangan Kecamatan (PPK) untuk mewujudkan Program Nasional Pengembangan Masyarakat (PNPM) Generasi Sehat dan Cerdas yang dilaksanakan mulai bulan Juli 2007 lalu.
Bantuan tersebut berupa seragam nasional, seragam pramuka, seragam olahraga termasuk sepatu sebanyak 4.545 pasang. Selain bantuan seragam, PNPM Generasi Sehat dan Cerdas juga memberikan bantuan beasiswa, honor bagi guru, les privat komputer bagi siswa, biaya penggandaan bahan ujian serta ATK sekolah maupun biaya penyuluhan pendidikan.
Selain itu ada bantuan kesehatan seperti pemberian makanan tambahan bagi bayi dan balita serta ibu hamil, pemeriksaan kehamilan dan biaya nifas, transportasi bagi bidan dan kader posyandu, pengadaan meubeler dan alat timbang serta penyuluhan kesehatan. Kegiatan PNPM Generasi Sehat dan Cerdas ini menelan dana Rp 750 juta.
Dalam menyerahkan bantuan, Bupati Manek didampingi Ketua DPRD Kabupaten TTU, Agustinus Talan, S.Sos, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) TTU, Drs. Anton Amuna, Kadis Kesehatan TTU, dr. Michael Suri, M.M, Direktur RSUD Kefamenanu, dr. Hartono. Turut hadir, Konsultan Manajemen Kabupaten (KMK) PPK di Kabupaten TTU, Ny. Adolfince Nubatonis, Sekretaris Tim Koordinasi PPK, Ny. Rosalinda Nggadas, Camat Kota Kefamenanu, Hironimus Bana, S.H, serta para lurah di Kota Kefamenanu.
Konsultan Manajemen Kabupaten (KMK) PPK di Kabupaten TTU, Ny. Adolfina Nubatonis, mengatakan tujuan program ini adalah untuk meningkatkan derajat pendidikan dan kesehatan keluarga miskin, yaitu ibu hamil, balita dan anak-anak, terlebih anak yang sedang bersekolah, yang selama ini belum mendapat sentuhan bantuan dari pemerintah setempat.
Bantuan pendidikan dan kesehatan itu, rinci Ny. Nubatonis, meliputi 10 kelurahan, yaitu Kelurahan Tublopo, Sasi, Maubeli, Kefamenanu Selatan, Benpasi, Bansone, Kefamenanu Tengah, Aplasi, Tubuhue, serta Kefamenanu Utara.
"Jadi, selain bantuan seragam, PNPM Generasi Sehat dan Cerdas juga memberikan bantuan beasiswa, honor bagi guru, les privat komputer bagi siswa, biaya penggandaan bahan ujian serta ATK sekolah maupun biaya penyuluhan pendidikan. Selain itu, ada bantuan kesehatan seperti pemberian makanan tambahan bagi bayi dan balita serta ibu hamil, pemeriksaan kehamilan dan biaya nifas, transportasi bagi bidan dan kader posyandu, pengadaan meubeler dan alat timbang serta penyuluhan kesehatan. Kegiatan PNPM Generasi Sehat dan Cerdas ini digulirkan sejak bulan Juli 2007 lalu dan menelan dana Rp 750 juta," jelas Ny. Nubatonis. *
"Cobalah masuk ke kecamatan"
BUPATI TTU, Drs. Gabriel Manek, M.Si, dalam sambutannya mengatakan, pihak pemerintah berterimakasih kepada semua manajer, fasilitator, tim pengelola kegiatan, serta pengelola program tingkat kelurahan, yang telah bekerja sangat keras demi terwujud dan terlaksananya bantuan PNPM Generasi Sehat dan Cerdas. "Dan, kalau boleh, jangan hanya berhenti saja di sini. Cobalah masuk ke kecamatan dan kelurahan lainnya di pinggiran kota," tukasnya.
Bupati Manek juga meminta para murid dan siswa untuk menunjukkan rasa terima kasih dengan belajar giat serta taat kepada guru dan orang tua.
"Saya juga minta supaya seragam sekolah, sepatu dan seragam olahraga, jangan digunakan saat bermain, pergi potong rumput atau menggembalakan ternak dan sebagainya. Gunakan fasilitas yang diberikan itu untuk kegiatan belajar mengajar semata," pinta Bupati Manek. *

Tidak ada komentar: