Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Alor miliki pabrik es balok

Laporan Okto Manehat, Spirit NTT 11-17 Februari 2008

KALABAHI, SPIRIT--Masyarakat Kabupaten Alor, khususnya yang bermukim di pesisir Pantai Kenarilang, Kelurahan Kalabahi Barat, Kecamatan Teluk Mutiara, menikmati hasil-hasil pembangunan di daerah itu yang ditandai beroperasinya pabrik es, Selasa (5/2/2008), setelah dua tahun dibangun.
Pabrik yang dikelola Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Alor ini memiliki kapasitas produksi 400 balok es setiap tiga hari. Peresmian itu ditandai pembagian gratis es balok kepada ratusan pedagang ikan di Kota Kalabahi.
Wakil Bupati (Wabup) Alor, Drs. Abraham Maulaka, didampingi Kepala DKP Kabupaten Alor, Ir. Erna da Silva, saat menghadiri pengoperasian pabrik es itu mengatakan, dengan beroperasinya pabrik es, masyarakat perlu menikmati buah dari pembangunan itu.
Menurut Maulaka, Pemkab Alor mempunyai perhatian terhadap masyarakat kecil dalam upaya pemberdayaannya. Hal ini merupakan suatu tugas yang harus dipenuhi.
Maulaka mengatakan, pabrik es yang dibangun sejak dua tahun lalu baru bisa beroperasi karena hambatan teknis, terutama listrik.
Menurut Maulaka, di Kabupaten Alor telah terbentuk dua klaster usaha pengembangan usaha lokal masyarakat. Maulaka mengharapkan warga sekitar kawasan TPI memelihara sarana yang ada, karena kawasan ini menjadi tempat transaksi untuk usaha ikan. Bahkan dengan adanya pabrik es, tempat ini bukan hanya sebatas usaha masyarakat sekitar, tapi semua nelayan di Kabupaten Alor. Bahkan, nelayan dari Lewoleba, Kabupaten Lembata bisa datang membeli es di pabrik itu.
Kepala DKP Alor, Ir. Erna da Silva, mengatakan, harga jual es perbalok dengan berat 25 kg Rp 8.000,00, namun masih dikaji kembali untuk mendapatkan harga yang tidak memberatkan masyarakat, juga mendukung pengoperasian pabrik itu. *

1 komentar:

Ian mengatakan...

Sy sangat mendukung pembangunan pabrik es kususnya di daerah2 tertinggal... karena saya sering menjumpai para nelayan kesulitan untuk mendapatkan es, hanya saja apabila pabrik ini tidak di kelola dengan benar.. artinya tidak di buat sistim dagang yg baik, pabrik ini pasti tidak ber-umur panjang karena pasti lah di daerah pabrik es ini mempunya permasalah tersendiri.. misalnya pasokan listrik dan pasokan bahan bakar untuk diesel penggerak pabrik,.. misalnya pabrik ini memproduksi 400 balok @ 25 berarti kapasitasnya adalah 10 ton.. ini akan memakan bbm-/+ 250ltr solar/24jam, tentunya apa bila produk tidak terjual habis, katakan hanya laku 200balok karena kita tahu musim ikan tidak sepanjang tahun, pasti fase selanjutnya pabrik akan memproduksi hanya 200 balok dengan konsumsi bahan bakar yg sama, ini adalah salah satu contoh resiko pabrik es, dan sebuah industri bersekala menengah harus berjalan 24jam.. apabila pabrik ini dalam kondisi tertentu harus mengalami berhenti, pastilah akan di perlukan energi lagi untuk memdinginkan brine tank, ini adalah beberapa kasus yg harus di tangani oleh pebisnis yg handal dan mempunyai sistim managemen pabrik es, tapi saya mengatakan ini adalah salah satu awal yg baik untuk kemajuan daerah.. dan seandainya saja klo di indonesia ini cukup pasokan es untuk para nelayan - nelayan daerah pastilah indonesia akan di penuhi orang - orang pandai karena memakan ikan dengan mutu yg baik dengan protein dan dha yg masi terjaga dalam daging ikan,.. kita bisa bayangkan kebanyakan apabila kita cuma makan ikan yg proteinnya sudah rusak.. tentunya makanan yg kita konsumsi tidak dapat membantu perkembangan sel otak kita.. jadinya ya.. bodoh!!! kaya saya kali ya.. he he he e e gue gak ngaku lho ya.. gue cuma low profile.. hi hi hi i i, dalam hal pabrik es ini gue pikir harus ada friendcais(bener gak sih nulisnya FRIENDCAIS) aduh dasar geu gak sekolah inggris sih, supaya bisa mengontrol managemen yg terus menerus.. jadi bukan di bangun pabrik trus gak jalan.. (jadi monumen deh)kita liat aja indomaret, alva mart,.. mereka punya standart management dan selalu terus menerus di awasi perkembangannya,... wak kapan ya indonesia bisa meng explor hasil lautnya terutama untuk pulau2 kecil dengan menghasilkan ikan dengan mutu yg baik,...wah.. gue harus turun tangan kali ye.. gue bikin friendcais pabrik es... mimpi kali ya gue... ok lah selamat sy ucapkan u/ kabubaten alor yg sudah beroperasi pabrik esnya dan sy harap pabrik es ini di kelola dengan baik sehingga masyarakat terbantukan oleh pembangunan pabrik ini... salam dr sy TB