Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Warga Rote Ndao agar jaga kebersihan

Laporan Syarifah S, Spirit NTT 7-13 Januari 2008

BA'A, SPIRIT--Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Rote Ndao, dr. Jonathan Lenggu, mengimbau masyarakat di daerah itu menjaga kebersihan untuk mencegah wabah penyakit pada pergantian musim tahun ini.
"Selain menjaga kebersihan, warga harus minum air yang sudah dimasak dan makan makanan yang bersih agar tidak mudah diserang penyakit," ujar dr. Jonathan saat ditemui di Ba'a, Senin (24/12/2007).
Menyoal persediaan obat-obatan menghadapi pergantian musim, dr. Jonathan mengakui masih aman. Dinas Kesehatan (Dinkes) Rote Ndao telah mengantisipasi stok obat-obatan, terutama untuk jenis penyakit menonjol seperti diare, batuk/pilek termasuk malaria.
"Obat-obatan masih aman. Kita bersyukur di Rote belum terjadi wabah penyakit menonjol menghadapi pergantian musim. Kita tetap antisipasi stok obat yang nantinya didrop ke rumah sakit, puskesmas dan pustu," katanya.
Menurut dr. Jonathan, saat pergantian musim, biasanya penyakit sering menyerang masyarakat, seperti malaria, diare, influenza serta berbagai wabah lainnya. "Tahun ini banyak anak-anak kena malaria, diare, influensa serta penyakit tahunan lainnya. Namun semuanya tertolong dengan baik di rumah sakit maupun puskemas. Kita tetap pantau melalui puskesmas dan pustu melalui perkembangan laporan rutin bulanan termasuk stok obat-obatan di puskesmas dan pustu serta rumah sakit," tambahnya.
Menyinggung soal kendaraan dinas milik puskesmas, namun sering digunakan bukan untuk kepentingan dinas, dokter Lenggu berharap semua pegawai, dokter, bidan dan perawat yang bekerja di bawah naungan dinkes menaati peraturan dengan tidak menggunakan kendaraan dinas secara sembarangan. "Saya minta fasilitas negara tidak digunakan untuk kepentingan di luar dinas, namun harus stand by untuk kebutuhan dinas baik di rumah sakit, puskesmas dan pustu," kata Lenggu.*

Tidak ada komentar: