Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

TPS terpadu dibangun di Kolhua

Laporan Thomas Duran, Spirit NTT 7-13 Januari 2008

KUPANG, SPIRIT--Tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) akan dibangun di Kompleks Perumahan Lopo Indah Permai di Kelurahan Kolhua, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang. TPST ini dibangun dengan tujuan untuk mengolah dan mendaur ulang sampah rumah tangga.
Hal ini disampaikan Kepala Satuan Kerja (Satker) Pengembangan Kinerja Pengelolaan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PKPPLP)-NTT, Ir. Suhartini Wello, kepada SPIRIT NTT di ruang kerjanya, Senin (7/1/2008).
Menurut Suhartini, TPST ini sebelumnya dibangun di RT 03/RW 06, Kelurahan Liliba, namun ditolak oleh masyarakat setempat, karena minimnya sosialisasi dari pemerintah kota dan satker sebagai pemilik program. Menurut Suhartini, pembangunan TPST ini dialihkan ke Kelurahan Kolhua, selain dekat dengan perumahan juga sudah ada transfer depo yang dibangun di atas tanah pemerintah seluas 40 m2.
Transfer depo tersebut selama ini dimanfaatkan sebagai tempat untuk mengumpulkan sampah dari rumah ke rumah. "Transfer depo ini akan ditingkatkan statusnya menjadi TPST yang berfungsi sebagai pengumpul dan pengolah sampah," katanya.
Program pengolahan sampah terpadu ini, kata Suhartini, lebih difokuskan pada daerah pemukiman, sehingga lokasi BTN Kolhua sangat tepat, karena produksi sampah pada daerah pemukiman itu sangat tinggi dan pengolahannya akan merekrut tenaga kerja di wilayah tersebut.
Suhartini menjelaskan, alokasi dana untuk pembangunan TPST ini sebesar Rp 320 juta. Dari dana ini dialokasikan untuk membangun workshop, pengadaan mesin pencaca sampah, 200 buah bin kontainer atau tong sampah, serta sepeda motor pengangkut sampah satu unit. *)

Tidak ada komentar: