Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Bupati Longginus lantik 68 kepala sekolah

Spirit NTT 7-13 Januari 2008

MAUMERE, SPIRIT--Bupati Sikka, Drs. Alexander Longginus, melantik dan mengambil sumpah 68 orang kepala sekolah (Kepsek) TK, SD dan SMP lingkup Pemerintah Kabupaten Sikka, di Aula Hotel Benggoan III-Maumere, belum lama ini.
Pelantikan disaksikan Kepala Dinas Pendidikan Sikka, Drs. Robertus da Silva; Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Drs. Nong Baba Parera; Asisten Ekonomi dan Pembangunan, dr. Wera Damianus; para pengawas, kepala sekolah serta undangan lainnya.
Bupati Sikka, Drs. Alexander Longginus, dalam sambutannya antara lain mengatakan, pendidikan merupakan salah satu sektor yang menjadi fokus perhatian pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
Berdasarkan data, dari sekitar 290 ribu lebih jiwa jumlah penduduk Kabupaten Sikka, 58 persen di antaranya tamat SD, 17 persen tamat SMP, 10 persen tamat SMA dan 9 persen tamat perguruan tinggi. "Kondisi ini tentunya perlu terus dipacu melalui berbagai upaya pembangunan di bidang pendidikan," kata Longginus.
Menurutnya, upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui jalur pendidikan dari tahun ke tahun terus dilakukan oleh pemerintah. Sebab, dengan semakin tingginya tingkat peradaban masyarakat, akan lebih terbuka untuk memperoleh tingkat kehidupan yang lebih baik.
Oleh karena itu, lanjut Longginus, berbagai kebijakan maupun program termasuk mutasi dan promosi jabatan para kepala sekolah merupakan suatu upaya untuk lebih membangkitkan semangat, penyegaran, meningkatkan kinerja serta produktivitas dalam proses belajar mengajar guna meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Sikka. Walaupun demikian, katanya, pendidikan tidak hanya sebatas dilaksanakan dalam proses belajar mengajar, tetapi juga melalui sebuah proses dengan membangun komunikasi untuk memacu kreativitas anak didik serta perlu adanya partisipasi orang tua/wali murid dan guru itu sendiri.
Bupati Longginus juga menginformasikan perihal kebijakan anggaran bidang pendidikan Tahun Anggaran 2008, di mana dari total anggaran belanja sebesar Rp 437 miliar lebih, Rp 91 miliar lebih di antaranya adalah untuk belanja di bidang pendidikan. Dari jumlah anggaran belanja bidang pendidikan tersebut, sebagian besar atau sebesar Rp 60 miliar lebih diperuntukan bagi belanja tidak langsung (belanja pegawai) seperti gaji dan tunjangan guru serta pegawai pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sikka. Sedangkan sekitar Rp 31 miliar lebih untuk belanja langsung, untuk rehabilitasi dan pengadaan sarana belajar pada 82 sekolah dasar sebesar Rp 21 miliar lebih.
Kepada ke-68 kepala sekolah TK, SD dan SMP yang dilantik, Bupati Longginus mengharapkan agar melaksanakan tugas serta kepercayaan yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya sehingga tercipta kualitas SDM yang lebih baik. (ndang)

Tidak ada komentar: