Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Mengenal budaya Helong

Spirit NTT 31 Desember 2007 - 6 Januari 2008

HELONG merupakan komunitas yang berada di sebuah pulau kecil bernama Semau. Pulau ini memiliki panjang sekitar 45 kilometer (km) dan lebar 5-6 km. Namun dalam perkembangannya, masyarakat Helong mulai bertumbuh dan berkembang di daerah di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang. Pulau Semau ini hanya berjarak 15-20 menit dengan perahu motor dari Kota Kupang.
Budaya Helong secara umum memang identik dengan budaya Rote, namun demikian dalam perkembangannya budaya Helong mulai menampakkan ciri yang sedikit berbeda. Baik dalam tata cara berpakaian maupun praktek kebudayaan.
Di Pulau Semau ini, bahasa pergaulan yang dipakai adalah bahasa Helong. Pada beberapa terdapat dialeknya berbeda, dimana melalui hal ini orang dapat membedakan asal pengguna bahasa tersebut (berasal Semau Selatan atau Utara dan sebagainya).
Hopong, tarian Helong
Hopong adalah sebuah upacara tradisional masyarakat Helong yang mengizinkan para petani untuk menuai atau panen di ladang pertanian. Upacara Hopong adalah suatu aktivitas yang dilakukan oleh para petani dalam bentuk doa bersama sebagai ungkapan rasa syukur dan terima kasih kepada Tuhan dan nenek moyang.
Upacara Hopong dilakukan pada masa panen di suatu rumah yang ditentukan bersama dan dihadiri oleh tua-tua adat serta lapisan masyarakat. Tarian ini juga menggambarkan kehidupan bersama nilai religius, gotong royong.
Musik pengiring gendang, tambur, gong. (kpde kabupaten kupang)

3 komentar:

Unknown mengatakan...

salam, saya sangat tertarik dengan keterangan tentang pulau semau karena ayah dan kakek saya berasal dari pulau semau. fam saya pallo dan ingin mengetahui apakah saya masih memiliki kerabat di sana, sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

tetus halinat mengatakan...

salam...saya pernah tinggal di semau selatan untuk pelayanan kegembalaan. orangnya ramah-ramah, alamnya juga indah permai, sayangnya, bahasanya bagi saya masih terlalu asing :).....

Anonim mengatakan...

kata orang semau itu identik dengan magicnya tp buatku semau itu menakjubkan. aku da 4 tahun di semau n semua desa telah kujelajahi n kutemukan orang2 yang baik n menyambutku seperti keluarga pdhal klo menurut kesukuan aku tidak termasuk diantara mereka bahkan aku berasal dari luar NTT. Salut buat SEMAU.