Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Jakarta kucurkan Rp 40 juta

Laporan Adiana Ahmad, Spirit NTT 31 Desember 2007 - 6 Januari 2008

WAINGAPU, SPIRIT-- Pemerintah pusat mengucurkan dana Rp 40 juta kepada 80 kepala keluarga (KK) miskin di empat RT di Desa Mbatakapidu, Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, yang beberapa waktu lalu mengalami kekurangan pangan. Bantuan ini disalurkan ke rekening kelompok dan pemanfaatannya ditentukan oleh Badan Bimmas Ketahanan Pangan (BP2KP) setempat.
Informasi tentang bantuan untuk 80 KK tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Bimmas Ketahanan Pangan Kabupaten Sumba Timur, Ir. Bagus Putu Punia, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (12/12/007).
Putu mengatakan, pemerintah pusat memberikan respons positif terhadap informasi kekurangan pangan yang menimpa warga di empat RT di Desa Mbatakapidu, beberapa waktu lalu, dengan mengucurkan dana bantuan sebesar Rp 40 juta. Bantuan tersebut, jelas Putu diberikan dalam bentuk bantuan langsung ke rekening kelompok dengan peruntukan yang sudah ditentukan, yakni membeli kambing, benih jagung, pompa air dan beras untuk proyek padat karya.
Pendistribusian bantuan itu, katanya, diatur oleh kelompok. Putu melanjutkan, pemerintah sengaja tidak memberi bantuan dalam bentuk uang atau pangan langsung karena khawatir masyarakat menjadi malas dan menggantungkan harapan pada bantuan.
"Kita lihat di sana cocok untuk pengembangan ternak terutama kambing karena ada mata airnya. Selain itu, kita berikan benih jagung agar mereka menanamnya. Benih yang ada juga bisa mereka gunakan di daerah aliran sungai (DAS). Karena itu, kita juga berikan bantuan pompa air yang bisa mereka manfaatkan untuk mengambil air dari sungai-sungai yang ada ketika musim kering," jelas Putu.
Beberapa waktu lalu, warga empat RT di Desa Mabtakapidu diantaranya RT Lairaki, Ngaruwai dan Tanambi mengonsumsi ubi hutan atau iwi. Ubi hutan atau iwi menjadi makanan alternatif ketika masyarakat di daerah itu mulai kekurangan pangan. *

Tidak ada komentar: