Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Dinas Kebersihan Operasi Sampah

Laporan Yos Sudarso Sogen, Spirit NTT 7-13 Januari 2008

KUPANG, SPIRIT--Dinas Kebersihan Kota Kupang menggelar operasi pembersihan sampah akibat banyaknya sampah yang belum terangkut kendaraan operasional pada pagi dan siang harinya, pada hari Sabtu (5/1/2008). Operasi pengangkutan sampah ini berlangsung sekitar empat jam dari pukul 13.30- 17.30 wita.
Pantauan SPIRIT NTT, pada beberapa titik sampah di sepanjang pertokoan di Jalan Sudirman, belasan pasukan kuning mengangkut sampah-sampah yang dibuang di pinggir jalan. Sampah-sampah seperti sisa makanan, kaleng-kaleng minuman, pakaian-pakaian bekas dan lain-lain dibuang tidak pada tempat sampah yang disiapkan. Akibatnya, ada sampah-sampah yang gampang diterbangkan angin dan berhamburan di jalan. Di tempat ini terlihat sebuah mobil operasional pengangkut sampah sedang disiagakan.
Kepala Dinas Kebersihan Kota Kupang, Benyamin Thene, S.H, saat dihubungi melalui telepon selulernya mengatakan, ia sedang bersama beberapa stafnya beroperasi di Jalan Soeharto. Menurutnya, setelah mendapat pengaduan warga termasuk melalui rubrik curhat pada harian Pos Kupang, pihaknya melakukan operasi pembersihan sampah khusus di beberapa jalan protokol. Sedangkan untuk sampah-sampah yang berada di jalan-jalan lingkungan dan jalan protokol lain tetap diangkut seperti biasa pada pagi atau siang hari.
"Ada empat mobil yang kami kerahkan sore ini. Dua untuk wilayah Nunbaun- Namosain, dan dua lagi beroperasi sepanjang Jalan Muhamad Hata-Jalan Sudirman, dan Jalan Soeharto. Operasi ini kami lakukan karena saat tahun baru kemarin, banyak staf kami yang libur dan mungkin ini menjadi salah satu faktor menumpuknya sampah di jalan-jalan protokol," ujarnya.
Setelah operasi ini berakhir, Thene menghubungi SPIRIT NTT dan mengatakan, ada 21 titik sampah yang dibersihkan dalam operasi ini. Di antara sampah-sampah ini terdapat beberapa bangkai hewan dan salah satu bangkai anjing ditemukan di depan kampus Undana Lama, Jalan Soeharto Kupang.
Karena itu ia mengimbau kepada warga agar mengubur hewan yang mati dan jangan dibuang ke tempat sampah karena mengganggu warga sekitar dan dapat mendatangkan penyakit. Warga juga diminta membuang sampah tepat waktu yaitu sekitar pukul 18.00 hingga pukul 05.00 Wita karena sekitar pukul 05.30 pasukan kuning sudah mulai mengangkut sampah-sampah. *

Tidak ada komentar: