Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Askes Biru Rp 13 miliar

Laporan ANTARA, Spirit NTT 7-13 Januari 2008

KUPANG, SPIRIT--Pemerintah Kota Kupang dalam tahun anggaran 2008, mengalokasikan dana sebesar Rp 13 miliar untuk program asuransi kesehatan (Askes) Biru bagi warga Kota Kupang yang tidak mampu.
Wakil Walikota Kupang, Daniel Hurek, Selasa (8/1/2008), mengatakan, program Askes Biru merupakan salah satu program yang dijanjikan kepada masyarakat Kota Kupang saat kampanye Pilkada bulan Mei lalu.
Dia menjelaskan, program Askes Biru ini akan memberikan kesempatan kepada warga Kota Kupang yang tidak mampu untuk memperoleh pelayanan kesehatan sama dengan masyarakat yang mampu, seperti pejabat eselon I dan II.
"Artinya, kalau biaya kesehatan bagi pejabat pemerintah sebesar Rp 500 ribu misalnya, maka masyarakat juga memperoleh pelayanan dengan biaya yang sama," katanya.
"Jadi tidak ada perbedaan lagi dalam pelayanan kesehatan. Semua warga Kota Kupang memiliki hak yang sama untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang sama," katanya.
Tujuannya, kata Daniel, untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang sehat dan cerdas, sebagaimana yang diharapkan oleh para pendiri bangsa ini.Secara terpisah, Kepala PT Askes Cabang Kupang, Frans Pareira, mengaku telah mengadakan pertemuan dengan Pemerintah Kota Kupang untuk membahas teknis pelaksanaannya di lapangan.
"Kami telah mengadakan pertemuan dengan pemerintah Kota Kupang untuk membahas program Askes Biru ini. Kami sangat kagum dengan niat pemerintah Kota Kupang melaksanakan program untuk kesehatan masyarakat ini," katanya.
Dengan program ini, masyarakat yang tidak mampu akan terbantu karena dijamin dengan asuransi kesehatan.
Program Askes Biru ini, kata dia, merupakan pertama di Propinsi NTT, karena pemerintah Kota Kupang yang pertama melakukan terobosan baru untuk memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat.
Dia mengatakan, mekanisme pelaksanaannya, sama dengan program Askes lainnya. "Soal mekanisme pelaksanaan sudah direncanakan oleh pemerintah Kota Kupang, tetapi pada prinsipnya sama dengan program Askes lainnya," katanya.
Mengenai mereka yang berhak menerima, dia mengatakan, sedang disiapkan oleh Dinas Teknis di Pemerintah Kota Kupang, karena mereka yang lebih tahu siapa yang paling berhak menggunakan Askes Biru ini. *

Tidak ada komentar: